5 Makanan Ini Perlu Dihindari Penderita Asma saat Cuaca Dingin

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Sabtu 27 Februari 2021 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 27 481 2369350 5-makanan-ini-perlu-dihindari-penderita-asma-saat-cuaca-dingin-V0sVqzmz1a.jpg Ilustrasi sakit asma. (Foto: Jcomp/Freepik)

ASMA menjadi salah satu penyakit pernapasan yang sulit disembuhkan sepenuhnya. Apalagi saat cuaca dingin rentan memperburuk kondisi penderita asma. Namun jangan khawatir, pola makan yang baik dan sehat ternyata dapat meredakannya.

Meskipun tidak ada makanan khusus yang harus selalu dikonsumsi penderita asma, ada beberapa yang perlu dihindari. Ini untuk mencegah munculnya alergi seperti mengi, batuk, atau kesulitan bernapas.

Baca juga: Deretan Pemicu Sakit Asma, Nomor 2 Harus Sangat Dihindari Ya 

Setiap orang memiliki reaksi terhadap berbagai makanan secara berbeda, tetapi ada makanan tertentu yang dapat memicu serangan asma saat cuaca dingin.

Dilansir dari laman NDTV, berikut ini beberapa makanan yang perlu dihindari penderita asma saat cuaca dingin, seperti disarankan ahli gizi asal India dr Simran Saini.

Ilustrasi sakit asma. (Foto: Rawpixel/Freepik)

1. Buah jeruk asam

Buah jeruk meningkatkan risiko serangan asma karena memiliki sifat asam. Daging buah ini bisa menjadi salah satu pemicu utama asma. Jadi, lebih baik mengindarinya.

2. Produk susu dingin

Pasien asma harus menjauhi produk susu seperti susu, es krim, yoghurt, dan keju karena dapat dengan mudah memicu serangan, termasuk mengi dan batuk.

Baca juga: Bisa Redakan Asma, Simak Sederet Manfaat Tersembunyi Bunga Lavender 

3. Junk food

Junk food atau makanan siap saji tidak hanya buruk bagi berat badan, tetapi juga untuk paru-paru. Menurut studi British Medical Journal, lebih banyak porsi makanan cepat saji akan meningkatkan risiko asma parah sebesar 39 persen pada remaja dan 27 persen pada anak-anak. Para peneliti mengungkapkan ini karena tingginya kadar lemak jenuh dan trans yang ditemukan dalam makanan tersebut sehingga melemahkan sistem kekebalan tubuh.

4. Pengawet

Pengawet berguna meningkatkan masa simpan makanan dan aditif yang ditambahkan ke makanan. Ini bisa berbahaya bagi penderita asma. Hindari mengonsumsi makanan dengan label kalium bisulfit dan natrium sulfit.

Baca juga: Hot Gosip: Ayus Memilih Nissa Sabyan hingga Ruben Onsu Tegur Lutfi Agizal

5. Udang

Udang juga mengandung sulfit yang menghambat pertumbuhan bintik hitam di atasnya. Apalagi udang beku, ia akan dengan cepat memicu serangan.

Selain itu, pastikan Anda tidak terpapar polutan atau debu, terutama di dalam rumah. Seperti asap dari dapur saat membuat makanan, bau menyengat, dupa (agarbattis), dan lain-lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini