Jalani Kemoterapi, Pasien Kanker Disarankan Konsumsi Makanan Tinggi Kalori & Protein

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 27 Februari 2021 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 27 481 2369457 jalani-kemoterapi-pasien-kanker-disarankan-konsumsi-makanan-tinggi-kalori-dan-protein-nHhzZC1qXW.jpg Ilustrasi kanker. (Foto: Shutterstock)

KANKER menjadi salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Hingga kini belum ada obat yang diklaim bisa menyembuhkan kanker. Pengobatan hanya berfokus pada kemoterapi dalam upaya membunuh sel-sel kanker.

Sebagaimana diketahui, kemoterapi adalah terapi dengan menggunakan obat-obatan tertentu untuk membunuh sel kanker. Cara kerjanya dengan menghentikan dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Baca juga: Cegah Kanker, Konsumsi Saja 4 Jenis Buah Ini 

Meski demikian, pasien yang menjalani kemoterapi untuk pengobatan kanker memang membutuhkan perhatian ekstra. Ini terutama dari sisi asupan makanan yang dikonsumsi.

Ilustrasi kemoterapi pasien kanker.

"Para pasien kanker membutuhkan nutrisi yang meningkat dari umumnya. Diharapkan mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan protein, khususnya saat terapi, karena bisa mengalami penurunan berat badan," jelas dokter gizi Kwan Francesca G MGizi SpGK dalam keterangan yang diterima MNC Portal, Sabtu (27/2/2021).

Baca juga: Kasus Kematian Akibat Kanker Paru Meningkat 18% pada 2020 

Oleh karena itu, ia mengimbau penyintas kanker dan masyarakat umum untuk terus menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari risiko kanker.

"Sebagai penyintas kanker kita mendapatkan kesempatan hidup kedua sehingga tidak boleh disia-siakan. Tetap menjalankan pola hidup sehat, menjaga berat badan ideal, konsumsi makanan bergizi dan hindari makanan olahan, olahraga teratur, menghindari merokok dan minuman beralkohol," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini