5 Cara Mudah Meluruskan Rambut Tanpa Pakai Catokan Panas

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Sabtu 27 Februari 2021 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 27 611 2369414 5-cara-mudah-meluruskan-rambut-tanpa-pakai-catokan-panas-fRYt8h7Utd.jpg Ilustrasi meluruskan rambut tanpa catokan panas. (Foto: Diana Grytsku/Freepik)

BIASANYA wanita meluruskan rambut menggunakan alat catokan panas. Sayangnya, alat tersebut dapat merusak rambut jika dipakai terus-menerus. Oleh karena itu, lebih baik coba cara lain untuk meluruskan rambut tanpa merusaknya.

Guna membuat rambut lurus terdapat beberapa cara yang lebih sehat, efektif, dan tanpa merusaknya. Sebagaimana dilansir laman NDTV, Sabtu (27/2/2021), berikut ini lima cara mudah meluruskan rambut tanpa menggunakan alat panas. Yuk ikuti.

Baca juga: 5 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami, Dicoba Yuk 

1. Hair banding

Hair banding adalah salah satu metode paling bagus dan tradisional untuk meluruskan rambut tanpa panas. Pada dasarnya Anda perlu membagi rambut (saat masih lembap) dengan bantuan rol. Kencangkan rambut ke kepala dengan menggunakan jepit rambut, lalu balut panjang rambut di sekitar kepala dan lanjutkan dengan penjepit rambut. "Terakhir, bungkus rambut dengan bantuan kain untuk mengurangi kusut dan pastikan ia tidak berpindah-pindah," jelas pakar kecantikan dan rambut asal India Maushmi Dhawan.

Rambut wanita. (Foto: Cookie Studio Freepik)

2. Masker rambut DIY

Masker rambut akan mengubah rambut Anda lurus. Anda dapat menggunakan masker rambut yang dibeli di toko atau membuatnya sendiri. Gunakan seminggu sekali selama beberapa bulan untuk melihat hasilnya. Adapun cara membuatnya, menurut pakar kecantikan asal Delhi Aakriti Kochar, adalah:

- Susu dan Telur: Rendam rambut dalam campuran 2 gelas susu dan 1 telur selama 10 menit, lalu peras cairannya, dan jangan dibilas. Bungkus dengan penutup plastik selama 30 menit lagi, lalu cuci hingga kering.

- Madu dan Susu: Campur 1 cangkir susu dengan 1 sendok makan madu dan biarkan meresap ke rambut dan kulit kepala selama 1 jam, lalu cuci.

Baca juga: Mau Rambut Sehat Berkilau? Yuk Terapkan 4 Hal Ini 

3. Sisir sampai kering

Setelah keramas, cukup sisir saat masih basah. Biarkan mengering sepenuhnya, tetapi terus menyisir setiap 5 menit. Menyikat secara konstan akan mencegah rambut menggulung seperti biasanya.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Manfaat Menggunakan Minyak Rambut 

4. Gunakan produk yang tepat

Mulailah dengan sampo dan kondisioner yang ditujukan untuk meluruskan rambut. Lalu lembapkan rambut dengan mengoleskan krim penghalus atau menggunakan kondisioner tanpa bilas atau serum atau minyak, tergantung jenis rambut Anda. Ini dapat melawan kusut dan membuat rambut lurus yang indah.

5. Memutar rambut menjadi sanggul

Jika sudah memiliki rambut lurus, metode ini pasti akan berhasil untuk Anda. "Ikat rambut basah menjadi sanggul dan ikat dengan karet gelang. Biarkan mengering sepenuhnya dan kemudian sisir rambut Anda," pungkas Aakriti Kochar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini