Efek Benzodiazepin, Narkoba yang Dikonsumsi Millen Cyrus

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 28 Februari 2021 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 28 481 2369633 efek-benzodiazepin-narkoba-yang-dikonsumsi-millen-cyrus-26vD6MvO1Q.jpg Millen Cyrus (Foto : Instagram/@millencyrus)

Millen Cyrus lagi-lagi tersandung kasus penyalahgunaan obat-obatan. Kali ini ia positif benzo, jenis obat ini memiliki efek sedatif atau menenangkan.

Dikutip dari laman RxList, Benzo atau Benzodiazepin biasa digunakan sebagai obat penenang, khususnya bagi mereka yang sering cemas. Kerja dari obat ini tidak diketahui, akan tetapi bisa memengaruhi neurotransmiter di otak, bahan kimia yang dilepaskan saraf untuk berkomunikasi dengan saraf terdekat lainnya.

Millen Cyrus

Salah satu neurotransmitter ini adalah asam gamma-aminobutyric (GABA), neurotransmitter yang menekan aktivitas saraf. Ilmuwan percaya, bahwa aktivitas saraf yang berlebihan dapat menjadi penyebab kecemasan dan gangguan psikologis lainnya, dan benzodiazepin mengurangi aktivitas saraf di otak dan sumsum tulang belakang dengan meningkatkan efek GABA.

Baca Juga : Millen Cyrus Kembali Terjerat Narkoba Positif Benzo, Apa Itu?

Selain resep dokter, Benzodiazepin dilarang digunakan secara mandiri. Efek samping yang akan dirasakan dari jenis obat ini, yaitu sedasi, pusing, lemah, jadi tidak stabil, kehilangan orientasi, depresi, sering marah, hingga gangguan memori.

Penyalahgunaan obat ini memiliki risiko lebih tinggi atau rfek samping termasuk kebingungan, bicara cadel, kejang atau kantuk, koma , gemetar, detak jantung lambat, kesulitan bernapas , dan kelemahan parah lainnya.

Pecandu benzodiazepin juga memiliki risiko lebih tinggi untuk memicu demensia, penyakit yang memengaruhi otak yang menyebabkan hilangnya ingatan secara bertahap dan masalah dengan bahasa dan keterampilan motorik , dalam jangka panjang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini