Daftar Vitamin yang Wajib Diminum Supaya Kulit Sehat dan Segar

Diana Rafikasari, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 481 2369901 daftar-vitamin-yang-wajib-diminum-supaya-kulit-sehat-dan-segar-3JnWR3df4V.jpg Ilustrasi kulit sehat dan segar. (Foto: Jcomp/Freepik)

KULIT sehat dan segar adalah keinginan semua orang. Tapi ternyata tidak mudah mendapatkannya, perlu langkah tertentu untuk kulit. Salah satunya mengonsumsi vitamin.

Berdasarkan sebuah studi pada 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Jama Dermatology, peningkatan jumlah vitamin A seperti wortel, ubi jalar, bayam, telur, dan ikan dalam makanan dapat menurunkan risiko terkena karsinoma sel skuamosa, bentuk paling umum kedua dari kanker kulit.

Baca juga: 4 Tips Sederhana untuk Mengatasi Kulit Kering 

Lalu apa saja vitamin yang sangat baik diminum agar kulitsehat dan segar? Berikut daftarnya, sebagaimana dipaparkan laman Allure.

1. Vitamin D

Penelitian telah menemukan hubungan antara kekurangan vitamin D dan penyakit seperti kanker dan diabetes. Itu juga merupakan faktor kunci dalam kesehatan tulang. Jika khawatir kekurangan vitamin D, oleskan tabir surya dan kunjungi dokter untuk menilai level vitamin D di tubuh.

Kulit wajah. (Foto: Senivpetro/Freepik)

2. Vitamin B

Tidak seperti vitamin lainnya, vitamin B tidak mengacu pada satu vitamin, tetapi sekelompok dari mereka. Ada delapan jenis yang berbeda yakni tiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), asam pantotenat (B5), B6, biotin (B7), folat (B9), dan B12. Suatu bentuk vitamin B3 yang disebut niacinamide adalah salah satu vitamin B yang paling umum ditemukan dalam perawatan kulit. Niacinamide terkenal karena membantu kulit mempertahankan fungsi penghalang normalnya, dan mengurangi kekeringan dan kondisi terkait yang menenangkan seperti eksim.

Ini meningkatkan tingkat lipid atau ceramide di kulit, membuatnya ideal untuk melembapkan. Itu juga dapat meningkatkan penampilan warna dan tekstur kulit. Faktanya, Neuser menyebut niacinamide sebagai bahan bakar untuk sel kulit karena meningkatkan banyak proses yang penting untuk menciptakan kulit yang sehat dan seimbang. Di mana membantu mengurangi munculnya pori-pori, bintik hitam, pigmentasi, kemerahan, dan garis-garis halus serta kerutan.

Vitamin B5 juga dikenal sebagai asam pantotenat adalah vitamin B penting lainnya yang sering digunakan dalam perawatan kulit. Ini sangat bagus dalam menenangkan kulit dan menjaganya tetap lembut dan kenyal. Asam pantotenat meningkatkan hidrasi kulit, mengurangi hilangnya kelembapan, dan memiliki efek antiinflamasi, sehingga bermanfaat bagi mereka yang mengalami iritasi kulit.

Baca juga: Biar Kulit Tampak Awet Muda, Rawat dengan 5 Kebiasaan Ini 

3. Vitamin A

Vitamin A secara luas dianggap sebagai bahan perawatan kulit paling efektif. Vitamin ini datang dalam berbagai bentuk. Perlu dicatat bahwa vitamin A adalah vitamin pertama yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) sebagai bahan topikal yang benar-benar mengubah tampilan permukaan kulit. Vitamin A bekerja dengan mengikat reseptor di sel kulit, pada gilirannya memperkuat fungsi pelindung epidermis, melindungi kolagen dari degradasi, dan merangsang pergantian sel kulit. Untuk alasan yang sama, vitamin A juga merupakan pembasmi jerawat yang kuat.

Baca juga: 4 Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Kulit Kepala Kering, Bye Ketombe 

4. Vitamin F

Vitamin F baru saja mulai mendapatkan daya tarik dalam dunia perawatan kulit. Namun, selalu diketahui memainkan peran penting dalam kesehatan berkat kemampuannya untuk mengurangi beberapa jenis peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung. Vitamin F sebenarnya bukanlah vitamin. F mengacu pada asam lemak. Vitamin F terutama ditemukan dalam asam linoleat (asam lemak omega 6) dan asam linolenat (omega 3). Bersama-sama ini membantu mengatur dan meningkatkan fungsi kesehatan tubuh, termasuk berperan dalam kesehatan kulit.

Vitamin F alias asam lemak membantu fungsi kulit normal dan melindungi pelindung kulit yang sehat, sekaligus bertindak sebagai agen pelembut kulit yang efektif. Selain itu, orang yang rentan berjerawat cenderung memiliki kadar asam linoleat yang rendah. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengoleskan asam linoleat pada wajah orang yang berjerawat ringan membantu mengurangi bekas jerawat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini