Nia Ramadhani Sakit Kekurangan Zat Besi, Apa Itu?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 481 2370006 nia-ramadhani-sakit-kekurangan-zat-besi-apa-itu-bC43IwZ8yw.jpg Nia Ramadhani (Foto : Instagram/@ramadhaniabakrie)

Nia Ramadhani harus menerima kenyataan bahwa dirinya mengalami penyakit serius. Hasil checkup di Amerika Serikat mengatakan dia mengidap 'Iron Deficiency Anemia' atau kekurangan zat besi dalam tubuh.

Asisten Nia Ramadhani, Theresa Wienathan, menjelaskan bahwa penyakit tersebut yang membuat ibu tiga orang anak itu berpikirnya lambat atau lemot. Tidak hanya itu, penyakit serius Nia pun membuat penglihatannya berkurang.

Karena penyakit tersebut, Nia Ramadhani sampai harus menjalani terapi penyuntikan iron atau zat besi. Sebetulnya, apa itu penyakit kekurangan zat besi? Lalu, apa gejala dari penyakit ini?

Nia Ramadhani

Penyakit kekurangan zat besi merupakan jenis anemia paling umum dialami. Anemia sendiri terjadi ketika Anda mengalami penurunan kadar hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin ini merupakan protein dalam sel darah merah yang bertanggung jawab membawa oksigen ke jaringan tubuh.

"Tubuh Anda membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin. Ketika tidak ada cukup zat besi dalam aliran darah, seluruh tubuh tidak memperoleh jumlah oksigen yang dibutuhkan," terang laman Health yang di-review dr Shuvani Sanyal, MD.

Baca Juga : Potret Nia Ramadhani Rayakan Ulang Tahun Anjing Peliharaannya

Baca Juga : Potret Yuni Shara Seksi Pakai Baju Ketat, Bodi Aduhai bak ABG!

Ketika penyakit ini menyerang perempuan subur, penyebab paling umumnya adalah hilangnya zat besi dalam darah akibat menstruasi yang berat atau kehamilan. Pola makan yang buruk atau penyakit usus tertentu yang memengaruhi cara tubuh menyerap zat besi juga dapat menyebabkan penyakit kekurangan zat besi ini.

"Dokter biasanya mengobati penyakit ini dengan suplemen zat besi atau perubahan pola makan," terang dr Sanyal.

Terkait dengan gejala penyakit kekurangan zat besi, menjadi catatan semuanya, penyakit ini kerap tidak disadari pasiennya. Sampai akhirnya kadar zat besi benar-benar turun dan memengaruhi tubuh.

Sementara itu, menurut American Society of Hematology (ASH) kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka mengalami penyakit ini sampai mereka melakukan tes darah rutin.

Gejala penyakit kekurangan zat besi sedang sampai berat meliputi:

1. Kelelahan

2. Kelemahan tubuh

3. Kulit pucat

4. Sesak napas

5. Pusing

6. Ngidam aneh untuk makan barang-barang yang bukan makanan, seperti tanah, es, atau barang lainnya

7. Kesemutan di kaki

8. Lidah bengkak atau nyeri

9. Tangan dan kaki dingin

10. Detak jantung cepat atau tidak teratur

11. Kuku rapuh

12. Sakit kepala

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini