Menerka Penyebab Nia Ramadhani Sakit Kekurangan Zat Besi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 481 2370020 menerka-penyebab-nia-ramadhani-sakit-kekurangan-zat-besi-KUd6nFJZ94.jpg Nia Ramadhani (Foto : Instagram/@ramadhaniabakrie)

Nia Ramadhani sakit kekurangan zat besi. Penyakit tersebut dia ketahui saat menjalani medical checkup di Amerika Serikat.

Pengobatan yang sedang dia jalani adalah terapi penyuntikan iron atau zat besi. Hal tersebut mengingat kadar zat besi di dalam tubuh Nia Ramadhani, diketahui sangat rendah.

Belajar dari kasus ini, apa sebenarnya penyebab kekurangan zat besi? Apakah karena Nia Ramadhani menjalani diet yang sangat ketat sampai tubuhnya kehilangan banyak zat besi?

Nia Ramadhani

Dokter Shuvani Sanyal, MD, menerangkan bahwa kebanyakan kasus penyakit kekurangan zat besi yang dialami perempuan akibat perdarahan menstruasi yang signifikan dan fibroid uterus merupakan alasan mengapa perempuan lebih mungkin mengalami anemia defisiensi zat besi.

"Perdarahan menstruasi yang banyak terjadi ketika seorang wanita mengalami pendarahan lebih banyak atau lebih lama dari biasanya selama menstruasi," kata dr Sanyal dikutip dari laman Health.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, perdarahan menstruasi biasanya berlangsung selama 4 hingga 5 hari dan jumlah darah yang hilang berkisar antara 2 hingga 3 sendok makan. Nah, wanita dengan perdarahan menstruasi berlebih biasanya mengalami pendarahan selama lebih dari 7 hari dan kehilangan darah dua kali lebih banyak dari biasanya.

Baca Juga : Nia Ramadhani Sakit Kekurangan Zat Besi, Apa Itu?

Baca Juga : Potret Yuni Shara Seksi Pakai Baju Ketat, Bodi Aduhai bak ABG!

Menstruasi

Selain bermasalah dengan mentsruasi, penyakit ini pun dapat terjadi pada perempuan hamil. Sebab, mereka membutuhkan lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan bayinya.

"USG panggul dapat membantu dokter mencari sumber perdarahan berlebih selama menstruasi, seperti fibroid. Serupa dengan kekurangan zat besi, fibroid rahim seringkali tidak menimbulkan gejala," kata dr Sanyal.

Fibroid rahim terjadi ketika tumor otot tumbuh di dalam rahim. Meskipun biasanya tidak bersifat kanker, namun dapat menyebabkan perdarahan menstruasi yang banyak yang dapat menyebabkan seorang perempuan mengalami kekurangan zat besi.

Lalu, apakah pola diet salah juga bisa menyebabkan penyakit ini?

Salah satu treatment yang diberikan dokter untuk mengatasi masalah ini adalah mengonsumsi daging merah dengan jumlah yang cukup. Selain itu, pasien juga diminta untuk memperbanyak sayuran berdaun hijau tua, buah kering, nuts, dan sereal tinggi zat besi.

Jika melihat 'background' diet yang dijalani Nia Ramadhani untuk bisa membentuk body goals seperti sekarang, dia mengaku tidak makan nasi dan menggantinya dengan makan daging.

Nia Ramadhani

Informasi yang beredar, Nia Ramadhani itu sarapan telur, tidak mengonsumsi nasi saat siang dan hanya mengonsumsi daging. Untuk makan malam, istri Ardi Bakrie tersebut makan satu buah alpukat. Diet ini dia jalani selama empat hingga lima bulan.

Dari informasi tersebut, bisa dinilai bahwa Nia Ramadhani ternyata tidak membatasi konsumsi daging merah. Jadi, pola dietnya tidak memengaruhi kurangnya zat besi dalam tubuh.

"Jika Anda sudah mengalami kekurangan zat besi, selain mengonsumsi daging merah dengan jumlah yang cukup, ditambah buah-buahan dan sayuran sehat, Anda bisa tambahkan vitamin C untuk membantu tubuh menyerap zat besi. Kalau ingin menambahkan tablet zat besi, dokter menyarankan agar minum obatnya dibarengi dengan jus jeruk atau makan buah jeruk," kata dr Sanyal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini