Waspada! Gampang Capek seperti Nia Ramadhani Bisa Pertanda Kekurangan Zat Besi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 481 2370061 waspada-gampang-capek-seperti-nia-ramadhani-bisa-pertanda-kekurangan-zat-besi-Vmt1MR7PYt.jpg Nia Ramadhani (Foto : Instagram/@ramadhaniabakrie)

Nia Ramadhani sakit kekurangan zat besi. Salah satu gejala yang dikeluhkan adalah gampang capek dan ketika olahraga, dia susah mengontrol napas sehingga sesak atau mudah sekali 'ngos-ngosan'.

Kekurangan zat besi sendiri memang dapat dikenali dengan tubuh gampang sekali capek. Zat besi merupakan komponen yang cukup penting karena bertugas untuk memproduksi hemoglobin atau protein yang membantu sel darah merah mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Nia Ramadhani

Jadi ketika zat besi dalam tubuh seseorang lemah atau kadarnya tidak cukup, jangan heran kalau oksigen di dalam tubuh pun tidak maksimal. Efeknya, tubuh gampang capek. Pada kasus berat, kekurangan zat besi menyebabkan anemia.

"Wanita sangat terbiasa dengan kehidupan hingar bingar dan merasa lelah," kata Nancy Berliner, MD, wakil editor Blood, jurnal American Society of Hematology, di laman ABC News. "Artinya, wanita itu sering mengabaikan kelelahan sebagai bagian dari hidup," sambungnya.

Baca Juga : Nia Ramadhani Lemot Gara-Gara Kurang Zat Besi?

Baca Juga : Menerka Penyebab Nia Ramadhani Sakit Kekurangan Zat Besi

Ketika tubuh sudah kekurangan zat besi, energi pun akan hilang. Efeknya, perasaan lemah, mudah tersinggung, atau tidak dapat fokus.

Terkait dengan sesak napas karena kekurangan zat besi, hal tersebut dibenarkan dr Berliner. "Tidak peduli seberapa dalam Anda menarik napas. Jika kadar oksigen rendah, ya, Anda tetap akan merasa kehabisan udara," terangnya.

Jika menyadari kehabisan napas saat melakukan hal-hal yang biasanya Anda tangani dengan baik, misal naik tangga, berolahrga ringan, itu salah satu gejala tubuh Anda kekurangan zat besi. "Karena itu, jangan diabaikan tanda-tanda seperti ini," tambah dr Berliner.

Satu poin penting juga yang mesti disadari perempuan untuk mengenali tubuhnya kekurangan zat besi adalah rambut rontok! Ya, kondisi tersebut bisa jadi gejala untuk mengenali tubuh Anda ada yang tidak beres.

"Saat rambut rontok, itu semacam sinyal tubuh tetap bertahan hidup. Dengan harapan, tubuh Anda menyalurkan oksigen yang cukup untuk mendukung fungsi-fungsi vital," terang dr Jacques Moritz, MD, director of gynecology di Mount Sinai St. Luke's Roosevelt, New York City.

Tapi, jangan kepalang panik ketika tahu rambut Anda rontok setiap hari. Sebab, secara normal manusia memang kehilangan sekitar 100 helai rambut pada hari yang baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini