Kabar Baik, Bersepeda Ampuh Bakar Kalori dan Hilangkan Lemak Perut

Diana Rafikasari, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 481 2370152 kabar-baik-bersepeda-ampuh-bakar-kalori-dan-hilangkan-lemak-perut-B0XBBl0KoK.jpg Ilustrasi olahraga bersepeda. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

BANYAK manfaat yang didapat dari rutin melakukan olahraga bersepeda. Di antaranya adalah efektif membakar kalori dan menghilangkan lemak perut.

Pakar kesehatan seringkali menyarankan cara terbaik untuk menghilangkan lemak perut adalah dengan melakukan latihan kardio, seperti olahraga lari dan sepeda.

Baca juga: Luar Biasa! Pria Ini Pulang ke Inggris Naik Sepeda yang Dibeli di China 

Alasannya adalah olahraga intensitas rendah dan durasi tinggi membakar lebih banyak lemak daripada latihan intensitas tinggi yang lebih pendek.

Seperti dilansir laman Express, Senin (1/3/2021), diperkirakan seseorang akan membakar 400 hingga 1.000 kalori per jam saat bersepeda, tergantung berat badan dan seberapa keras mereka bekerja.

Olahraga bersepeda. (Foto: Markus Spiske/Unsplash)

Inilah mengapa bersepeda sering disebut-sebut sebagai salah satu olahraga terbaik untuk membantu membakar lemak perut.

Bersepeda memengaruhi laju metabolisme basal dan massa otot seseorang yang meningkatkan proses pembakaran lemak.

Ketika seseorang menginjak pedal sepeda, mereka menemui perlawanan dan membangun otot. Dengan membangun otot, laju pembakaran kalori meningkat membantu menghilangkan lemak perut.

Baca juga: Olahraga Sepeda Statis vs Bersepeda di Jalanan, Mana Lebih Sehat? 

Bersepeda mengurangi lemak perut selama bersepeda secara teratur dan untuk waktu yang cukup lama.

Para ahli menyarankan segala bentuk olahraga yang berlangsung setidaknya 30 menit sehari untuk menghilangkan lemak perut.

Ini bisa termasuk bersepeda, berjalan, senam, atau hanya latihan di sekitar ruang tamu. Menggabungkan latihan kekuatan dan kardio sangat ideal.

Latihan kardiovaskular adalah olahraga apa pun yang meningkatkan detak jantung, jadi bersepeda jarak jauh akan sempurna.

Sementara latihan kekuatan meningkatkan massa otot dan metabolisme glukosa, dan kedua hal ini penting untuk mengelola berat badan.

Baca juga: Tips Bersepeda Aman untuk Para Pemula di Masa Pandemi 

Untuk benar-benar membakar kalori saat bersepeda, para ahli menyarankan menambahkan beberapa latihan interval.

Dengan mencoba menambahkan 6 set yang berlangsung sekira 2 menit dengan istirahat 30 detik di antaranya, ini akan mempercepat pembakaran lemak.

Manfaatnya adalah Anda akan membakar banyak kalori dalam waktu singkat dengan melakukan interval dan metabolisme akan naik selama 12 jam berikutnya. Ini berarti Anda membakar kalori ekstra sepanjang hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini