Tips Simpan Masker dengan Aman jika Hendak Digunakan Lagi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 481 2370195 tips-simpan-masker-dengan-aman-jika-hendak-digunakan-lagi-GMo3fwug8w.jpg Masker cegah covid-19. (Foto: Robotdean/Freepik)

SELAMA masa pandemi covid-19, masyarakat dituntut selalu mengenakan masker untuk mencegah penularan wabah penyakit. Oleh karena itu, masyarakat diimbau paham dalam menggunakan masker supaya protokol kesehatan dapat berjalan dengan sempurna.

Salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan masyarakat adalah saat hendak melepas masker. Seringkali masyarakat meletakkan secara sembarangan masker yang dilepas.

Baca juga: Amankah Penggunaan Tali Masker? Ini Penjelasan Dokter 

Tentunya kebiasaan ini berpotensi menularkan virus dari permukaan benda lain menuju masker. Dikhawatirkan seseorang dapat terinfeksi covid-19 apabila sering melepaskan masker dan tidak menaruhnya dengan baik.

Masker. (Foto: Mdjaff/Freepik)

Dalam wawancara dengan MNC Media, dokter relawan covid-19 Muhamad Fajri Adda'i membagikan cara menyimpan masker yang baik dan benar supaya terhindar dari kontaminasi virus corona.

"Pertama, kita bisa lepas dulu dengan memegang talinya kemudian bisa diletakkan di dalam amplop kertas atau amplop yang berventilasi bagus supaya masker tidak berjamur. Ini bisa digunakan apabila maskernya ingin digunakan lagi," terangnya.

Baca juga: Cek Fakta, Pakai Masker Sebabkan Pneumonia? 

Lebih lanjut dr Fajri menyebut apabila masyarakat tidak sempat membawa amplop sebagai wadah untuk menyimpan masker, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) masih memperbolehkan untuk menaruh masker di dalam kantong seperti selipan tas. Meski demikian, sehabis disimpan, seseorang wajib mencuci tangan untuk menghindari kontaminasi dari virus.

Jika maskernya sudah kotor, boleh dengan tata cara yang sama sebelumnya, yakni ditaruh di dalam kantong plastik dan segera diganti. Masker kotor harus segera di cuci dan dikeringkan.

"Kalau masker hendak dicuci, tidak masalah diletakkan di dalam kantong plastik atau kotak. Tapi kalau masker tersebut ingin dipakai lagi, kotak masker kan tidak bersirkulasi jadi ini berpotensi tumbuh kuman. Jadi pilih kantong yang bersirkulasi," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini