10 Makanan yang Mampu Mengunci Kelembapan Kulit saat Musim Hujan

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 481 2370213 10-makanan-yang-mampu-mengunci-kelembapan-kulit-saat-musim-hujan-IrWe4nZsn4.jpg Alpukat jadi salah satu makanan yang bisa menjaga kelembapan kulit saat musim hujan. (Foto: Jcomp/Freepik)

MUSIM hujan membuat angin terasa dingin. Meski begitu, ini sama seperti musim panas, yakni dapat membuat kulit kering. Saat musim dingin penting mengoleskan krim atau losion agar kulit tetap terhidrasi, ternutrisi, dan lembap.

Guna mencegah hilangnya kelembapan kulit tidak cukup hanya menggunakan krim atau losion. Diperlukan juga asupan yang memberikan nutrisi dari dalam tubuh.

Baca juga: Daftar Vitamin yang Wajib Diminum Supaya Kulit Sehat dan Segar 

Berikut beberapa nutrisi dan makanan yang secara alami mengunci kelembapan kulit, seperti dilansir laman NDTV, Senin (1/3/2021).

1. Kacang dan biji-bijian

Kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang sehat, kacang dan biji-bijian juga mengandung fitonutrien yang melindungi kita dari efek buruk stres oksidatif. Asupan ini padat kalori, jadi 1 ons atau setara dengan segenggam sudah cukup untuk sehari.

Kacang-kacangan. (Foto: Amir Ali Ghorbankhani/Unsplash)

2. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu sumber terbaik lemak tak jenuh tunggal yang sehat, lemak tak jenuh ganda, dan juga sedikit lemak jenuh yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, mengandung vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan.

3. Ikan berlemak

Ikan kaya akan lemak omega-3 yang tidak diproduksi di dalam tubuh. Ini merupakan nutrisi penting untuk membran sel. Dianjurkan makan setidaknya tiga porsi seminggu.

Baca juga: Tak Cukup Cuci Muka, Ini 5 Perawatan Kulit Pria agar Lebih Bersih dan Sehat 

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung senyawa aktif yang bekerja mengurangi peradangan dan meningkatkan lapisan pelindung kulit dengan mengunci kelembapan. Mengonsumsi minyak kelapa tidak sehat karena ini merupakan lemak jenuh, sehingga menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

5. Telur

Telur menjadi protein terbaik, juga menyediakan sulphur dan lutein. Keduanya mengunci kelembapan sekaligus menjaga elastisitas kulit.

6. Kedelai

Kedelai memiliki jumlah protein paling banyak dalam makanan vegetarian dan vegan. Selain itu, kedelai adalah sumber isoflavon yang kaya sehingga dapat mencegah keriput dengan menjaga kolagen. Minumlah susu kedelai atau makan tahu.

7. Susu dan yoghurt

Susu dan yoghurt menambah protein baik pada tubuh. Selain itu, yoghurt sangat bagus untuk kesehatan sistem pencernaan karena membuat usus bersih dan kulit sehat.

Asam laktat yang ada dalam yoghurt dapat penutupan pori-pori halus dan mencegah keriput hingga memiliki sifat pengelupasan yang akan membuat kulit terasa lebih lembut dan bercahaya.

Yoghurt. (Foto: Topntp26/Freepik)

Baca juga: 4 Tips Sederhana untuk Mengatasi Kulit Kering 

8. Jambu biji

Ini merupakan sumber makanan yang kaya vitamin C. Selain itu, jambu biji juga mengandung zat besi yang melindungi dari anemia dan kulit yang tampak anemia.

9. Wortel

Wortel adalah salah satu sumber terbaik Beta karoten dan vitamin A. Kedua vitamin ini mengangkat radikal bebas sehingga meratakan warna kulit dan mencegah penuaan.

10. Ubi Jalar

Salah satu sumber beta karoten baik yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Ubi jalar juga mengandung vitamin A sehingga menjaga kulit kering dan bersisik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini