7 Manfaat Minyak Jojoba untuk Kulit dan Rambut, Bisa Obati Luka Bakar

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 481 2370288 7-manfaat-minyak-jojoba-untuk-kulit-dan-rambut-bisa-obati-luka-bakar-K5SAiizamP.jpg Ilustrasi minyak jojoba. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

MINYAK jojoba menjadi salah satu bahan alami yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut. Ini merupakan minyak alami yang diekstraksi dari biji tanaman jojoba yang fungsinya mirip sebum yakni melindungi dan menyembuhkan dari racun.

Ketika tubuh tidak mampu memproduksi cukup sebum untuk melindungi dari unsur luar yang keras, minyak jojoba bisa menjadi solusi perawatan kulit dan rambut yang baik. Minyak jojoba juga mengandung vitamin, seperti vitamin B, E, dan mineral penting.

Baca juga: 10 Makanan yang Mampu Mengunci Kelembapan Kulit saat Musim Hujan 

Lalu apa saja manfaat minyak jojoba untuk kesehatan kulit dan rambut? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman NDTV, Senin (1/3/2021).

1. Mempertahankan kelembapan

Minyak jojoba mempertahankan kelembapan pada kulit sehingga menjaga kulit tetap terhidrasi dan tampak segar. Minyak jojoba melembapkan kulit, tanpa menyumbat pori-pori dan membuat kulit sehat. Selain itu, minyak ini juga mencegah penumpukan bakteri di pori-pori wajah yang menyebabkan komedo dan timbulnya jerawat.

Kulit tangan. (Foto: Valuavitaly/Freepik)

2. Untuk bibir lembut

Minyak jojoba mengandung vitamin esensial, seperti vitamin B, E, dan mineral penting seperti zinc, tembaga yang bermanfaat menghaluskan bibir dan kulit. Untuk mendapatkan bibir yang segar dan lembut, pijatkan minyak jojoba dengan lembut pada bibir agar tidak kering dan pecah-pecah.

3. Mengurangi kerutan

Vitamin esensial yang ada dalam minyak jojoba sangat membantu mengurangi kerutan dan efek penuaan yang terlihat. Sebab, minyak jojoba tidak mengandung bahan kimia berbahaya, dan dapat digunakan sebagai bagian dari rutinitas perawatan harian seseorang.

Baca juga: Daftar Vitamin yang Wajib Diminum Supaya Kulit Sehat dan Segar 

4. Tabir surya alami

Sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya dari matahari dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit. Minyak jojoba yang dioleskan pada seluruh tubuh menjadi alternatif alami yang baik untuk krim tabir surya yang keras.

5. Mengobati luka bakar kulit

Jojoba menenangkan kulit yang terbakar dengan masuk ke dalam jaringan dan menyembuhkannya. Ia juga meredakan rasa sakit setelah terbakar sinar matahari atau kecokelatan. Dengan khasiat penyembuhan alami, minyak jojoba juga mengurangi luka pada kulit yang dicukur.

Baca juga: Tak Cukup Cuci Muka, Ini 5 Perawatan Kulit Pria agar Lebih Bersih dan Sehat 

6. Baik untuk rambut

Minyak jojoba memperkuat folikel di kulit kepala sehingga rambut tumbuh lebih kuat dan sehat. Adanya Vitamin E dan B membuat rambut lebih berkilau, menambah volume dan kepadatan. Batang rambut yang lebih kuat mencegah kerusakan rambut akibat alat pemanas rambut. Memijat kepala dengan minyak jojoba melembapkan kulit kepala sehingga terhindar dari ketombe dan gatal-gatal.

7. Mengilangkan riasan

Minyak jojoba dapat digunakan sebagai penghapus riasan yang efektif dan alami. Ini perlu dilakukan adalah menuangkan beberapa tetes minyak pada kapas dan mengoleskannya pada wajah untuk menghilangkan riasan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini