IDI: Telemedis Meratakan Akses Kesehatan bagi Masyarakat Indonesia

Diana Rafikasari, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 481 2370304 idi-telemedis-meratakan-akses-kesehatan-bagi-masyarakat-indonesia-m6thkXrKLd.jpg Ketua Umum PB IDI Daeng Mohammad Faqih. (Foto: Dok Okezone)

DI masa pandemi covid-19 seperti sekarang, layanan telemedis menjadi solusi untuk tetap menjaga kesehatan meski di rumah saja. Telemedis ini berisi konsultasi dengan dokter hingga pemeriksaan kesehatan mandiri.

Kehadiran telemedis dinilai sebagai sebuah kabar gembira. Kontribusi dalam teknologi digital ini bisa digunakan untuk memperkuat layanan kesehatan serta menjawab tantangan pemerataan akses kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga: Pentingnya Telemedis di Tengah Pandemi Covid-19 

"Indonesia disebut Nusantara, banyak daerah berjajar pulau-pulau yang mengalami kesulitan, termasuk kesehatan. Dari Sabang sampai Merauke mengalami disparitas," ungkap Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Daeng M Faqih SH MH saat jumpa pers, Senin (1/3/2021).

Telemedis. (Foto: Medicaldaily)

"Pemilihan layanan kesehatan masyarakat Indonesia banyak yang melakukan pengobatan sendiri. Di samping disparitas, pemilihan layanan masyarakat masih sangat rendah," tambahnya.

Baca juga: 5 Kesalahan Posisi Tubuh saat Duduk yang Harus Dihindari 

Bantuan teknologi untuk layanan kesehatan, jelas dia, menjadi satu jawaban penting. Dengan teknologi digital akan memberikan kontribusi positif layanan kesehatan Indonesia karena masyarakat tanpa halangan bisa mengakses kesehatan kepada dokter, mencari pilihan-pilihan yang diinginkan serta konsultasi obat.

"Kesehatan sangat esesnsial kita rasakan, terutama sejak pandemi. Jadi jangan sungkan dan malas, cepat konsultasi masalah kesehatan dan obat-obatan karena tersedia untuk akses itu," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini