5 Makanan yang Menyehatkan Mata, Penting di Masa Pandemi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 481 2370366 5-makanan-yang-menyehatkan-mata-penting-di-masa-pandemi-jUYCuux4KQ.jpg Ilustrasi menjaga kesehatan mata. (Foto: Yanalya/Freepik)

MAKANAN yang menyehatkan mata sangat dibutuhkan di masa pandemi covid-19 ini. Pasalnya, banyak orang memusatkan pandangan hanya pada gadget, baik untuk bekerja dari rumah ataupun melihat informasi terkini. Sejumlah masalah mata pun bermunculan akibat terlalu lama menatap layar gadget.

Mata banyak orang kini terpaku pada layar hampir sepanjang hari. Menjaga kesehatan mata pun jadi lebih penting dari sebelumnya.

Baca juga: Tips Hilangkan Mata Panda pada Pria, Mudah Dilakukan Lho 

Dengan jadwal kerja yang padat, pola tidur tidak menentu, dan pola makan yang kurang sehat, kesehatan mata jadi terpengaruh. Namun, ada makanan tertentu yang dapat mengatasinya.

Apa saja makanan yang baik untuk kesehatan mata itu? Berikut ini daftarnya, sebagaimana dilansir laman Times of India, Senin (1/3/2021).

1. Kacang polong

Mulailah menambahkan kacang-kacangan ke dalam menu makanan. Kacang merah, kacang polong hitam, serta lentil adalah sumber bioflavonoid dan seng yang baik yang dapat membantu melindungi retina dan menurunkan risiko terjadinya degenerasi makula serta katarak.

Kacang polong. (Foto: Boldsky)

2. Kacang-kacangan dan biji bunga matahari

Sumber lain yang bagus untuk kesehatan mata adalah kacang-kacangan. Dari pistachio, kenari, almond memiliki kacang-kacangan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin E karena ini meningkatkan kesehatan mata.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin E bersama dengan nutrisi lain dapat membantu memperlambat degenerasi makula terkait usia (AMD) menjadi lebih buruk.

Baca juga: Alami Mata Panda? Bisa Jadi Gara-Gara 7 Faktor Ini 

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau adalah sumber yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Bayam, kale, dan collard greens, kaya akan vitamin C dan E. Makanan nabati juga memiliki jumlah vitamin A yang baik yang menurunkan risiko penyakit mata jangka panjang.

4. Buah dan sayuran berwarna

Mata saat melihat visual yang cerah mengirimkan sinyal yang benar ke otak. Makanan seperti wortel, tomat, paprika, stroberi, labu, jagung adalah sumber vitamin A dan C yang sangat baik. Sementara buah dan sayuran berwarna-warni dianggap membantu mengurangi risiko berbagai penyakit mata.

Baca juga: Tips Cegah Mata Tegang Akibat Lama Menatap Layar Komputer saat WFH 

5. Buah jeruk

Buah jeruk dan berry kaya akan vitamin C yang bagus untuk kesehatan mata. Jeruk, jeruk bali, lemon, dan beri mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini