18 Gejala Long Covid-19, Ini yang Harus Dilakukan jika Merasakannya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 481 2370503 18-gejala-long-covid-19-ini-yang-harus-dilakukan-jika-merasakannya-RFzNK8X1nD.jpg Ilustrasi merasakan gejala long covid-19. (Foto: Freepik)

COVID-19 masih mewabah secara global. Wabah penyakit ini tidak hanya memengaruhi kesehatan penderitanya saat terinfeksi, namun juga menimbulkan efek jangka panjang. Gejala kesehatan yang muncul usai dinyatakan sembuh disebut long covid-19.

Dokter relawan covid-19, Muhamad Fajri Adda'i, mengatakan fenomena gejala long covid-19 memang benar adanya. Ini sudah tertulis dalam jurnal ilmiah dan dilaporkan oleh beberapa negara yang menelitinya.

Baca juga: Vaksinasi Gotong Royong Covid-19, Harus Bayar atau Tetap Gratis? 

Terdapat beberapa gejala yang sering muncul pada pasien covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh. Di antaranya adalah:

1. Kelelahan

2. Sesak napas

3. Nyeri sendi

4. Nyeri dada

5. Gangguan penglihatan

6. Batuk

7. Kehilangan indera penciuman

8. Mata dan mulut kering

9. Hidung meler

10. Kehilangan indera perasa

11. Mata merah

12. Sakit kepala

13. Berdahak

14. Kehilangan nafsu makan

15. Sakit tenggorokan

16. Vertigo

17. Nyeri otot

18. Diare

Baca juga: Covid-19 Bakal Jadi Endemi, Kenali Bedanya dengan Pandemi dan Epidemi 

Lebih lanjut dr Fajri menjelaskan ke-18 gejala tersebut adalah efek yang paling sering dirasakan oleh para penyintas covid-19. Lalu dalam jurnal kesehatan Idscociety, sebanyak 76 persen pasien di antaranya minimal merasakan satu gejala tersebut.

Baca juga: IDI: Telemedis Meratakan Akses Kesehatan bagi Masyarakat Indonesia 

Lantas, apa yang harus dilakukan apabila mengalami gejala long covid-19 seperti itu?

"Harus direhab, kalau memang mengganggu sekali ya harus kembali ke dokter dan konsultasi bagaimana enaknya, treatment apa yang harus dikerjakan perlahan-lahan supaya nanti bisa kembali ke fase fungsionalnya. Misalnya kalau kerja bisa baik lagi, kalau lemas bisa bugar lagi, kalau pusing dan sesak bisa berkurang. Jadi hal-hal tersebut yang harus di-maintenance dengan baik," terang dr Fajri kepada MNC Portal, Senin 1 Maret 2021.

Ia juga berpesan bahwa hal yang paling penting untuk dilakukan adalah berkonsultasi ke dokter apabila gejala yang dirasakan berbahaya. Semua gejala yang dirasakan setelah sembuh dari covid-19 bisa diterapi, tapi penyembuhannya harus dilakukan secata perlahan-lahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini