Cerai, Pengadilan Minta Pria Bayar Biaya Pekerjaan Rumah Tangga kepada Mantan Istri

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 612 2370331 cerai-pengadilan-minta-pria-bayar-biaya-pekerjaan-rumah-tangga-kepada-mantan-istri-QR4RNWOq5Q.jpg Perceraian yang menyakitkan (Foto: Northwest Asian Weekly)

Seorang pria di China, belum lama ini diberitakan harus membayar biaya kompensasi terhadap sang mantan istri terkait soal pekerjaan rumah tangga.

Menurut dokumen pengadilan setempat, pria yang teridentifikasi dengan nama Chen tersebut mengajukan perceraian terhadap sang istri, Wang setelah lima tahun pernikahan. Awalnya Wang menolak untuk bercerai, kemudian Wang meminta agar dirinya menerima kompensasi dari sang suami, atas semua pekerjaan rumah tangga yang ia lakukan dalam lima tahun pernikahannya bersama Chen.

 cerai

Wang mengklaim, selama menjadi suami dan ayah, Chen tak pernah ikut mengurus dan membesarkan anak mereka dan hampir tidak peduli atau ikut mengerjakan segala jenis pekerjaan rumah tangga.

Wang menuntut biaya sebesar kurang lebih Rp353 juta dari Chen. Tapi pengadilan memutuskan pihak istri hanya berhak atas kompensasi finansial sekira Rp110juta.

Mengutip Oddity Central, Senin (1/3/2021) Pengadilan Distrik Fangshan Beijing lalu memerintahkan Chen untuk melakukan pembayaran kepada mantan istrinya tersebut.

Disebutkan lebih lanjut, keputusan seperti ini, bisa terjadi di China setelah adanya undang-undang sipil baru China, yang mulai berlaku pada 2020. Aturan yang menyatakan bahwa pasangan berhak untuk meminta kompensasi dalam perceraian, jika mereka menganggap bahwa diri mereka memikul lebih banyak tanggung jawab dalam membesarkan anak, membantu pasangan, atau merawat keluarga yang lanjut usia.

Sebelumnya,di Cina pasangan suami-istri yang bercerai hanya dapat membagi properti berwujud yang mana pekerjaan rumah merupakan masuk ke dalam nilai properti tak berwujud.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini