Mampu Lemahkan Imunitas, WHO Ingatkan Minuman Beralkohol Permudah Kena Covid-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 07:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 612 2370461 mampu-lemahkan-imunitas-who-ingatkan-minuman-beralkohol-permudah-kena-covid-19-UvpW1KIZJr.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) mengklaim bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi alkohol memiliki risiko yang lebih tinggi terinfeksi virus corona Covid-19. Pasalnya, alkohol dianggap mampu melemahkan sistem imunitas tubuh.

Memang, alkohol berfungsi sebagai disinfektan pada permukaan benda mati. Tapi, jika dikonsumsi secara berlebihan justru dapat mengurangi kemampuan tubuh mencegah paparan virus corona.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Alcohol Research 2015 lalu telah membuktikan konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping pada kesehatan, terutama pada sistem kekebalan tubuh. Tubuh akan lebih rentan terserang pneumonia.

Covid

"Alkohol membahayakan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko kesehatan lainnya. Oleh karena itu, setiap orang harus membatasi jumlah konsumsi alkohol selama pandemi COVID-19 berlangsung," tulis pernyataan yang dikeluarkan WHO pekan lalu.

Pernyataan tersebut juga disertai sebuah keterangan yang menggarisbawahi bahwa alkohol dengan kadar atau konsenstrasi yang kuat tidak akan membunuh virus corona di dalam tubuh. Justru dapat menyebabkan kematian, seperti kasus meninggal 44 orang di Iran akibat menegak produk minuman beralkohol ilegal.

WHO juga mencatat alkhol dapat membuat mereka yang mengalami kesehatan mental rentan terinfeksi virus corona selama masa karantina berlangsung. Di samping itu, alkohol dapat meningkatkan risiko kekerasan dalam rumah tangga.

Sekadar informasi, pemerintah telah mengeluarkan izin investasi untuk mempermudah masuknya minuman beralkohol. Aturan tersebut, tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

Dalam Perpres Nomor 10 tahun 2021 itu mengatur tata cara investasi di Indonesia. Salah satu jenis usaha yang diatur adalah investasi minuman beralkohol di beberapa wilayah.

Berikut aturan penjualan minuman keras yang dikutip Okezone dari Perpres Nomor 10 tahun 2021.

1. Bidang usaha: industri minuman keras mengandung alkohol

2. Bidang usaha: industri minuman mengandung alkohol: anggur

3. Bidang usaha: industri minuman mengandung malt

4. Bidang usaha: perdagangan eceran minuman keras atau alkohol

5. Bidang usaha: perdagangan eceran kaki lima minuman keras atau alkohol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini