1 Tahun Pandemi Covid-19, Wamenkes: Masyarakat Mulai Jenuh dan Frustrasi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 481 2370826 1-tahun-pandemi-covid-19-wamenkes-masyarakat-mulai-jenuh-dan-frustrasi-cMhm0Le30a.jpeg Wamenkes Dante Saksono Harbuwono. (Foto: Sindo)

PANDEMI covid-19 yang sudah 1 tahun melanda Indonesia menyebabkan banyak perubahan besar. Tidak hanya di sisi kesehatan, namun mental masyarakat pun terkena imbas dari wabah penyakit ini.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menjelaskan masyarakat juga sudah mulai jenuh dan frustrasi karena proses isolasi yang dijalani selama 1 tahun ini. Meski demikian, rasa jenuh tersebut harus disikapi dengan kesadaran dan kebersamaan.

Baca juga: Setahun Pandemi Covid-19, Wamenkes Dante Sebut Ini Perang Dunia Ketiga 

"Sebab proses kebersamaan ini akan menentukan kita nanti akan keluar dari proses pandemi yang sedang berjalan. Kita tidak pernah tahu kapan pandemi ini akan selesai, atau mungkin tidak akan pernah selesai," ucap Wamenkes Dante Saksono dalam acara 'Peringatan 1 Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia', Selasa (2/3/2021).

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

Lebih lanjut dr Dante mengatakan saat ini masyarakat sedang masuk pada tatanan dan dunia baru. Di mana seseorang harus hidup dengan model yang dilakukan sekarang ini. Misalnya, menggunakan masker, menjaga jarak, mengurangi aktivitas sosial, dan lain sebagainya.

Baca juga: Setahun Pandemi, Ini 5 Inovasi Anak Bangsa untuk Penanganan Covid-19 

"Jadi refleksi setahun ini membuat kita berpikir bahwa apa yang sudah kita lakukan dan apa yang kita lakukan ke depan menjadi sesuatu yang penting dan harus kita rencanakan sebaik-baiknya," tandasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini