Setahun Pandemi, Wamenkes: Indonesia Miliki Kemandirian Melakukan Perawatan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 481 2370892 setahun-pandemi-wamenkes-indonesia-miliki-kemandirian-melakukan-perawatan-Dk4XH8jgXK.jpg Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

WAKIL Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Habuwono mengatakan banyak kejadian telah dilewati di momen satu tahun pandemi covid-19 melanda Indonesia ini. Sejumlah hal positif pun bisa diambil dari adanya wabah penyakit ini.

Wamenkes Dante Saksono Harbuwono mengatakan hal positif yang bisa diambil selama masa pandemi covid-19 adalah kemampuan Indonesia mengatasi wabah penyakit. Menurut dia, pengobatan covid-19 sudah makin berkembang jauh dibandingkan sebelumnya.

Baca juga: 1 Tahun Pandemi Covid-19, Wamenkes: Masyarakat Mulai Jenuh dan Frustrasi 

"Kalau satu tahun lalu kita masih meraba, alhasil mortality rate menjadi sangat tinggi pada awal-awal pandemi. Sekarang pengalaman secara empiris saat mengobati, membuat dokter di Indonesia memiliki kemandirian untuk melakukan perawatan," terang dr Dante dalam 'Peringatan 1 Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia', Selasa (2/3/2021).

Ilustrasi covid-19. (Foto: Okezone)

Ia pun tidak heran jika saat ini pedoman-pedoman telah dibuat dalam upaya membuat jumlah pasien meninggal dunia berkurang. Bagi dia, ini adalah bukti nyata yang telah dilakukan Indonesia selama satu tahun terakhir.

Baca juga: Wamenkes: Kekebalan Tubuh Terbentuk 2 Sampai 6 Minggu Usai Divaksin Kedua 

Meski demikian, bukan berarti perjuangan Indonesia dalam menanggulangi covid-19 sudah selesai. Sebab, masih banyak tugas lain yang harus dilakukan dalam upaya mengakhiri pandemi covid-19 di Tanah Air.

"Tentu ini tidak akan selesai, dan kita masih memiliki tugas yang banyak sekali, antara lain bagaimana kita melakukan penguatan di hulu. Kalau treatment sudah didahului dengan proses pengembangan pengobatan yang makin baik, maka yang harus kita kerjakan adalah testing dan tracing," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini