Rina Gunawan Punya Penyakit Asma Sebelum Positif Covid-19

Hantoro, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 21:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 481 2371147 rina-gunawan-punya-penyakit-asma-sebelum-positif-covid-19-HHlMbZNA9i.jpg Rina Gunawan. (Foto: Instagram @rinagunawan74)

KABAR duka menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Artis senior Rina Gunawan meninggal dunia pada malam ini, Selasa 2 Maret 2021. Ia sebelumnya dikabarkan positif covid-19 dan memiliki penyakit penyerta (komorbid) yakni asma hingga sempat merasa sesak napas.

Seperti dilansir laman Times of India, asma memang menjadi salah satu penyakit bawaan yang bisa memperburuk pasien covid-19. Pasalnya, virus corona penyebab covid-19 memang menyerang saluran pernapasan penderitanya.

Baca juga: Rina Gunawan Meninggal Dunia Akibat Asma dan COVID-19 

Sebuah studi yang dilakukan oleh British Medical Journal (BMJ) menemukan bahwa orang dengan penyakit penyerta memiliki risiko lebih tinggi terkena covid-19 lebih dari sekali, baik yang lebih ringan maupun parah.

Rina Gunawan.

Sementara penyakit pernapasan kronis seperti asma bisa memperburuk keadaan penderita covid-19. Sebab, virus corona adalah patogen yang menyebabkan kerusakan maksimum pada sistem pernapasan. Mulai kesulitan bernapas, peningkatan risiko infeksi pernapasan, hingga gangguan kekebalan tubuh.

Baca juga: Ashanty Akui Terpapar Covid-19 Bersamaan Rina Gunawan 

Pemulihan pasca-serangan covid-19 dapat mengganggu sistem pernapasan, atau membuat memerlukan bantuan. Karena itu, ada peningkatan risiko infeksi ulang covid-19 dan komplikasi bagi orang yang mengalami gangguan pernapasan.

Orang yang menderita masalah seperti COPD, asma, dan masalah pernapasan lainnya harus melakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mengurangi faktor risiko.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini