Rina Gunawan Meninggal Diduga Akibat Covid-19 dan Asma, Seberapa Besar Risikonya?

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 21:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 481 2371160 rina-gunawan-meninggal-diduga-akibat-covid-19-dan-asma-seberapa-besar-risikonya-wTt62LrU5F.jpg Rina Gunawan. (Foto: Instagram @rinagunawan74)

KABAR duka menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Aktris senior Rina Gunawan meninggal dunia. Istri dari aktor Teddy Syach itu wafat pada hari ini, Selasa 2 Maret 2021, diduga akibat positif covid-19 dan memiliki penyakit penyerta (komorbid) asma.

Lantas, seberapa besar risiko penderita asma terpapar virus corona penyebab covid-19?

Baca juga: Rina Gunawan Punya Penyakit Asma Sebelum Positif Covid-19 

Sebagaimana dilansir laman Statnews, sebuah penelitian yang berkembang tentang covid-19 menunjukkan bahwa hubungan virus dengan asma jauh lebih kompleks daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Teddy Syach dan Rina Gunawan.

Kemudian para peneliti mengidentifikasi kondisi umum di antara pasien paling sakit, khususnya terfokus pada kondisi paru-paru, termasuk penderita asma.

Hal ini dapat memungkinkan seseorang yang terkena virus corona dapat menyebabkan peradangan paru-paru yang parah, dan virus lain dapat memicu serangan asma yang berbahaya.

Baca juga: Rina Gunawan Meninggal Dunia, Diduga Akibat Asma dan Covid-19 

Gayatri Patel, seorang dokter dan ahli alergi serta imunologi di Northwestern University, mengatakan bahwasannya penderita asma yang terpapar covid-19 lebih berisiko. Kemudian harus segera mendapat perawatan instensif dan steril.

"Pasien covid-19 dengan asma kemungkinan akan lebih buruk," ungkapnya.

Sementara Sharon Chinthrajah, ahli alergi sekaligus peneliti di Pusat Penelitian Alergi dan Asma Sean N Parker Stanford, menyimpulkan bahwa tidak semua penderita asma yang terpapar covid-19 akan mengalami hal sama.

"Tidak semua penderita asma sama," terangnya.

Baca juga: Pesan Terakhir Rina Gunawan: Sehat Itu Murah Menjadi Mahal Ketika Sakit 

Rina Gunawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini