Para Ahli Sebut Asma Bisa Kambuh karena Stres dan Cemas

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 05:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 481 2371205 para-ahli-sebut-asma-bisa-kambuh-karena-stres-dan-cemas-wiM8v34GXC.jpg Ilustrasi sakit asma. (Foto: Jcomp/Freepik)

SAKIT asma kambuh biasanya dipicu dari alergi seperti debu, asap rokok, hingga serangga. Tapi tahukah Anda bahwa asma bisa juga muncul karena emosi?

Dikutip dari laman Healthline, Selasa (3/3/2021), emosi memiliki pengaruh yang kuat pada perasaan. Faktanya jika seseorang menderita asma mungkin memerhatikan bahwa emosi berperan terhadap gejala penyakit tersebut.

Baca juga: Rina Gunawan Punya Penyakit Asma Sebelum Positif Covid-19 

Meskipun alergen adalah pemicu utama gejala asma alergi, penderitanya mungkin mengalami gejala lainnya yang lebih parah disebabkan stres, depresi, atau cemas.

Ilustrasi sakit asma. (Foto: Rawpixel/Freepik)

Menurut Allergy and Asthma Foundation of America (AAFA), emosi dan stres yang kuat dapat memengaruhi asma. AAFA mencatat depresi dan kecemasan dikaitkan dengan kurangnya kendali atas gejala asma seseorang.

Sebuah studi pada 2018 juga menunjukkan bahwa mereka yang memiliki gangguan alergi lebih cenderung mengalami depresi, serta dapat memicu asma kambuh lagi.

Baca juga: Mengetahui Pemicu Asma, Sakit yang Diderita Rina Gunawan Sebelum Meninggal 

Mengendalikan emosi dan respons emosional dapat membantu seseorang mengontrol asma dengan lebih baik jika tiba-tiba kambuh. Hal ini dikarenakan stres dan emosi sehari-hari dapat memengaruhi gejala asma.

Para ahli menyarankan untuk menggunakan berbagai metode penanganan dan teknik relaksasi untuk menangani stres, emosi, serta respons emosional yang kuat.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini