10 Cara Menghilangkan Sikap Posesif terhadap Pacar

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 612 2370843 10-cara-menghilangkan-sikap-posesif-terhadap-pacar-eS6WWET1fp.jpg Pacaran (Foto: Branson Regal)

Mencoba untuk mengendalikan hubungan cinta dan pacar tidak akan pernah berhasil dilakukan. Bersikap posesif hanya akan membuat pacar merasa tertekan dan muak, bukan dia akan semakin dekat kepadamu, mungkin malah makin lari.

Jika Anda bertanya, mengapa Anda bersikap posesif dalam suatu hubungan cinta? Kemungkinan hal itu disebabkan oleh kurangnya kepercayaan atau masalah kontrol. Keduanya merupakan racun bagi suatu hubungan.

Dilansir dari Love Panky, kurangnya kepercayaan, penuh curiga, kecemburuan dan posesif akan menyebabkan hubungan hancur. Oleh karena itu sudah saatnya Anda belajar untuk menghentikan upaya mengendalikan pacar dan hubungan!

Selain itu berusaha terus mengontrol orang lain tidak hanya melelahkan mental dan pikiran. Namun juga mustahil. Hal itu hanya akan membuat Anda merasa lebih cemas.

Lalu bagaimana cara menghentikan sikap posesif kepada pacar?

 belajar mempercayai diri sendiri

1. Belajar mempercayai diri sendiri

Sebelum Anda mulai mempercayai pacar Anda, mulailah untuk mempercayai diri sendiri. Biasanya, jika Anda memiliki masalah kepercayaan dan perlu merasa memegang kendali, Anda memiliki masalah mempercayai penilaian terhadap diri sendiri.

Sadari bahwa Anda memilih orang ini untuk suatu alasan. Biarkan dia bersama Anda tetapi dengan persyaratan bersama.

 

2. Komunikasi

Komunikasi adalah cara terbaik untuk membangun kepercayaan. Komunikasikan dengan pasangan Anda tentang bagaimana perasaan Anda dan pastikan untuk mendengarkannya. Berbagi apa yang Anda butuhkan dan harapkan dari satu sama lain.

3. Tetapkan batasan

Jika Anda mengalami kesulitan mencari tahu apa yang dapat diterima dan apa yang tidak, duduklah bersama pasangan Anda dan diskusikan apa yang ada di luar batas untuk mereka.

Cari tahu apa yang cocok untuk Anda berdua. Anda dapat mencoba berkompromi dan bertemu di tengah dan perlahan-lahan menarik kembali saat kepercayaan Anda tumbuh.

 

4. Bicaralah tentang perasaan Anda

Berbicara dengan pasangan Anda tentang bagaimana perasaan dapat membantu melepaskan sebagian dari kemarahan atau kecemasan yang Anda alami. Begitu mereka tahu bagaimana perasaan Anda, mereka akan mengerti. Anda akan merasa beban dari diri Anda mulai menghilang.

5. Kenalilah teman-teman pacar Anda

Jangan hanya pacaran dengannya. Coba kenalilah teman dan sahabat pacar Anda. Ini akan membuat Anda bersama tanpa berada di atas satu sama lain. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengenal teman-temannya sehingga Anda tahu dengan siapa mereka menghabiskan waktu bersama.

6. Katakan apa yang Anda mau

Pasangan Anda mungkin bosan dengan Anda terus mengendalikan mereka, sebagaimana seharusnya. Jika Anda memberi tahu mereka apa yang Anda butuhkan untuk melepaskan kendali itu, mereka akan ingin terus bersama Anda.

 

7. Tanya apa yang pacar mau

Memahami bagaimana berhenti bersikap posesif dalam suatu hubungan bukan hanya tentang Anda, tetapi juga untuk pasangan. Tanyakan apa yang mereka butuhkan dari Anda untuk percaya bahwa Anda berusaha menjadi lebih baik.

8. Jangan bergantung dengan pacar

Salah satu alasan mengapa sulit untuk tidak bersikap posesif dalam suatu hubungan, adalah karena hubungan Anda telah mengambil alih sebagian besar hidup Anda. Maka saatnya Anda bersikap mandiri dan tidak tergantung kepadanya lagi.

 

9. Jangan mengubah pacar

Ketika seseorang bersikap posesif dalam suatu hubungan, mereka mencoba mengubah pasangannya menjadi seperti apa yang mereka inginkan. Anda dapat membungkam pasangan yang memiliki opini kuat atau membuat seseorang yang mandiri mengandalkan Anda.

10. Pergilah ke psikolog

Jika semua ini tidak berhasil membuat sikap Anda posesif hilang, pergilah ke psikolog. Mereka akan membantu Anda mengatasi masalah posesif dan takut kehilangan. Anda tidak ingin dikendalikan emosi tetapi Anda yang mengendalikannya. Sehingga Anda bisa berada dalam hubungan yang sehat dan bertahan lama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini