5 Motif Batik Bali, Tampilkan Keindahan Alam hingga Kebudayaan

Poppy Fadhilah, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 194 2371362 5-motif-batik-bali-tampilkan-keindahan-alam-hingga-kebudayaan-mXQo1O4oyo.jpg Motif batik Bali Singa Barong (Foto : Pinterest)

Motif batik Bali salah satu warisan budaya Indonesia yang paling terkenal di dunia. Setiap daerah di Nusantara memiliki motif batiknya masing-masing, begitu pula dengan Bali. Batik Bali pertama kali dipelopori oleh Pande Ketut Krisna pada tahun 1970.

Masyarakat Bali kerap memakai batik saat upacara adat ataupun ritual keagamaan. Batik Bali kian populer seiring perkembangan wisata di Bali. Batik Bali pun banyak dicari wisatawan lokal maupun mancanegara untuk oleh-oleh.

Kualitas Batik Bali juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Ada beberapa fitur khusus pada Batik Bali, yaitu ukuran aksen yang diukir pada kain batik ini tidak sama karena hasil karya tangan, bobot kain Batik Bali juga lebih berat karena menggunakan kain mori.

Selain itu, motif batik merupakan perpaduan antara motif tradisional dan modern, aroma kain Batik Bali juga dapat dibedakan karena terbuat dari pewarna alami, motif selalu asimetris meski memiliki bentuk yang sama, serta motif Batik Bali menceritakan tentang kisah dewa dan budaya Bali.

Terdapat banyak motif pada Batik Bali. Motif Batik Bali terinspirasi dari keindahan alam, budaya, dan upacara keagamaan di Bali. Setidaknya ada lima motif utama pada Batik Bali. Penasaran? Berikut Okezone kulik khusus untuk Anda :

Motif Batik Bali Buketan

Motif Batik Bali

(Foto : Grahabatik)

Motif batik tidak melulu tentang Indonesia. Motif ini dipengaruhi oleh budaya negara lain, yaitu Perancis. Nama Buketan berasal dari bahasa Perancis yaitu Bouquet yang artinya rangkaian bunga. Sesuai dengan namanya, Motif ini menggambarkan bunga dan tumbuhan. Ada juga motif burung dan kupu-kupu.

Baca Juga : 7 Motif Batik Papua yang Kaya Warna dan Filosofi

Baca Juga :3 Motif Batik Pekalongan yang Cantik-Cantik Banget

Motif Batik Bali Merak Abyorhokokai

Motif Batik Bali

(Foto : Grahabatik)

Abyorhokokai adalah sejenis burung merak. Merak Abyorhokokai mampu menginterpretasikan bagaimana keindahan Bali dengan merak sebagai simbol utama. Motif batik ini menggambarkan keindahan burung Merak sebagai poros corak utama pada kain dan disertai kelopak menyerupai bunga sakura.

Motif Batik Bali Ulamsari Mas

Motif Batik Bali

(Foto : Grahabatik)

Motif ini merupakan salah satu yang paling terkenal di Bali. Motif Ulamsari Mas menampilkan gambaran ikan dan udang yang mewakili mata pencaharian masyarakat di Bali yaitu nelayan. Motif ini berarti kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir. Motif Batik Bali Ulamsari Mas yang menunjukkan sifat Bali

Motif Batik Pisang Bali atau Jagatan Pisang

Motif Batik

Jika Batik Bali Ulamsari Mas mewakili mata pencaharian masyarakat di Bali, Batik Pisan Bali atau Jagatan Pisang cocok untuk orang yang memiliki pasangan.

Hal ini karena, motif batik ini sering dijadikan oleh-oleh untuk pasangan yang akan melakukan perjalanan. Masyarakat Bali percaya bahwa ketika Anda memberikan batik ini kepada orang terdekat Anda saat mereka bepergian, mereka akan kembali kepada ke rumah dengan selamat.

Dengan begitu, motif Batik Pisan Bali atau Jagatan Pisang ini memiliki makna harapan, doa, dan keselamatan.

Motif Batik Bali Singa Barong

Motif Batik Bali

Motif ini adalah yang paling unik. Hal ini karena motif Batik Bali Singa Barong menampilkan gambar makhluk mistis bernama Barong. Barong melambangkan kekuatan, kemauan, dan keajaiban. Motif Batik Singa Barong Bali ini menggambarkan budaya Bali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini