Mengenal Asma dan Covid-19 yang Diderita Rina Gunawan Sebelum Wafat

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 481 2371301 mengenal-asma-dan-covid-19-yang-diderita-rina-gunawan-sebelum-wafat-We8zxNvi7g.jpg Rina Gunawan. (Foto: Instagram @rinagunawan74)

ARTIS senior Rina Gunawan meninggal dunia pada Selasa 2 Maret 2021, sekira pukul 18.45 WIB, di Rumah Sakit Pertamina Simprug, Jakarta Selatan. Istri aktor Teddy Syach ini dikabarkan positif covid-19 dan memiliki penyakit penyerta (komorbid) asma sebelum wafat.

Lalu bagaimana risiko seseorang yang terinfeksi covid-19 dan mempunyai penyakit bawaan asma?

Baca juga: Rina Gunawan Meninggal Dunia, Diduga Akibat Asma dan Covid-19 

Covid-19 memang menjadi salah satu penyakit yang sangat mengancam jiwa bagi para penderita asma. Pasalnya, penyakit asma sama-sama menyerang sistem pernapasan. Oleh karena itu, mengontrol asma yang diderita serta mencegahnya kambuh adalah salah satu langkah antisipasi yang tepat selama masa pandemi covid-19.

Ilustrasi sakit asma. (Foto: Jcomp/Freepik)

Seperti dikutip dari laman Statnews, Rabu (3/3/2021), sebuah studi tentang covid-19 menunjukkan bahwa hubungan virus corona dengan penyakit asma jauh lebih kompleks daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Baca juga: Rina Gunawan Punya Penyakit Asma Sebelum Positif Covid-19 

Lalu para ilmuwan mengidentifikasi kondisi umum di antara pasien covid-19 yang mengalami paling sakit, khususnya terfokus pada kondisi paru-paru, termasuk penderita asma.

Hal ini dapat memungkinkan seseorang yang terpapar covid-19 bisa mengalami peradangan paru-paru yang parah, dan virus lain dapat memicu serangan asma yang berbahaya.

Gayatri Patel, dokter dan ahli alergi serta imunologi di Northwestern University, menjelaskan bahwa penderita asma yang terinfeksi covid-19 lebih berisiko. Kemudian harus segera mendapat perawatan instensif dan steril.

"Pasien covid-19 dengan asma kemungkinan akan lebih buruk," terangnya.

Baca juga: Para Ahli Sebut Asma Bisa Kambuh karena Stres dan Cemas 

Sementara Sharon Chinthrajah, ahli alergi sekaligus peneliti di Pusat Penelitian Alergi dan Asma Sean N Parker Stanford, menyimpulkan tidak semua penderita asma yang terpapar covid-19 bakal mengalami hal sama.

"Tidak semua penderita asma sama," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini