Sebelum Wafat, Rina Gunawan Menginspirasi Banyak Orang Lewat Diet Sehat

Diana Rafikasari, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 09:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 481 2371336 sebelum-wafat-rina-gunawan-menginspirasi-banyak-orang-lewat-diet-sehat-bVvNwUld0q.jpg Rina Gunawan menginspirasi banyak orang melalui diet sehat. (Foto: Instagram @rinagunawan74)

KABAR duka hadir dari dunia hiburan Indonesia. Aktris senior Rina Gunawan meninggal dunia. Ia wafat pada Selasa 2 Maret 2021, sekira pukul 18.45 WIB. Sebelumnya meninggal dunia, Rina Gunawan dikenal sebagai sosok yang menginspirasi, salah satunya mengenai diet sehat untuk menurunkan berat badan.

Dampak pandemi covid-19 dan imbauan berada di rumah saja, berat badan Rina Gunawan bertambah mencapai 100 kilogram. Dia pun merasa kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari, dan kondisinya diperparah dengan kebiasan makan camilan.

Baca juga: Bukan Hanya Rina Gunawan, Ini Artis-Artis yang Meninggal karena Covid-19 

"Satu peyek saja bisa habis satu hari sama anak teteh. Tidur teteh ngorok dong. Udah gitu main HP aja bisa jatoh. Terus kalau duduk mager, tidur lagi, tidur lagi. Kalau pas lagi sholat, enggak bisa banget dari sujud langsung bediri," ungkap Rina Gunawan, seperti dikutip dari kanal YouTube pribadinya, Rabu (3/3/2021).

Info grafis Rina Gunawan. (Foto: Okezone)

"Itu sakit banget di kaki dan akhirnya sholatnya duduk. Olahraga enggak pernah sama sekali, dan kalau olahraga itu berat banget. Makan gorengan segala macam bisa sampai 10. Hidup yang sangat-sangat parah. Naiknya pada saat pandemi ini drastis sekali," jelas Rina.

Akhirnya ia menjalani program diet sehat pada Juni 2020. Didampingi pelatih, diet sehat ini diawali penimbangan berat badan. Saat mengetahui usia selnya 71 tahun, Rina pun terkejut dan mengubah semua pola hidupnya.

Menurut Rina, salah satu yang paling penting untuk dijaga adalah tidur malam. Wajib tidur cukup, dia pun mulai tidur pukul 22.00 WIB. Berkat tidur cukup, Rina merasa tubuhnya lebih segar ketika bangun pagi pukul 04.00 atau 04.30 WIB.

Baca juga: Rina Gunawan Menderita Asma, Salah Satu Komorbit Berbahaya jika Terpapar Covid-19 

Kemudian Rina harus mengurangi konsumsi minyak, tepung, margarin, dan gula. Hal lain yang tidak kalah penting adalah banyak minum air putih. Ketika beratnya 100 kg, Rina minum air putih 6 liter sehari. Meski berat, ia memiliki cara menyiasatinya.

"Akhirnya teteh punya pola, misalnya bangun tidur pagi minum air putih sebanyak-banyaknya sampai jam 1 siang. Jam 1 siang itu kurang lebih 3 liter. Dari jam 1 sampai jam 7 atau 8 malam teteh minum 3 liter lagi," paparnya.

Sementara untuk pola makan, istri dari aktor Teddy Syah ini mengaku makan lima kali sehari. Ia sarapan tepat pukul 07.00, pukul 10.00 makan camilan pagi, pukul 12.00 makan siang, pukul 16.00 makan camilan sore, dan pukul 18.00–19.00 makan malam.

Hasilnya, selama dua bulan berhasil menurunkan berat badan hingga 17 kilogram dan 30 kilogram selama lima bulan. Meski berat, ibu dua anak ini mengaku merasakan banyak manfaat.

Baca juga: Mengenal Asma dan Covid-19 yang Diderita Rina Gunawan Sebelum Wafat 

"Jujur ini berat banget waktu di awal. Alhamdulillah waktu tiga hari kok enakan, sampai ke 21 hari mindset kita semua berubah. Banyak banget perubahan-perubahan yang terjadi dalam hidup teteh setelah mengubah pola hidup. Ibadah lancar dan enggak ngantuk lagi," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Rina Gunawan meninggal dunia pada Selasa 2 Maret 2021 pukul 18.45 WIB. Rina wafat pada usia 46 tahun. Presenter sekaligus pengusaha ini diketahui mengalami sesak napas dan dilarikan ke rumah sakit.

Baca juga: Alasan Rina Gunawan Diet, Ingin Sehat dan Lihat Anak Menikah 

Sang suami Teddy Syah menyebut jika Rina Gunawan memiliki penyakit penyerta (komorbid) asma dan radang paru-paru. Dia pun mendapat perawatan intensif di ICU Rumah Sakit Pertamina Simprug selama seminggu.

Sebelum meninggal dunia, Rina Gunawan juga sempat dinyatakan positif covid-19. Namun, Teddy Syah tidak mengetahui kondisi terakhir istrinya, apakah masih positif covid-19 atau tidak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini