5 Poin Penting Vaksinasi Gotong Royong, Biaya hingga Penanganan KIPI

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 11:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 481 2371453 5-poin-penting-vaksinasi-gotong-royong-biaya-hingga-penanganan-kipi-fsjjCbKpe7.jpg Ilustrasi Vaksinasi Gotong Royong. (Foto: Freepik)

VAKSINASI Gotong Royong makin ramai dibahas setelah pemerintah menerbitkan aturan pelaksanaannya dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021. Tujuannya adalah untuk membantu percepatan pelaksanaan vaksinasi massal di Indonesia.

Merangkum dari unggahan akun Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Rabu (3/3/2021), terdapat setidaknya lima poin penting yang menjadi fokus dan perhatian terkait Vaksinasi Gotong Royong. Masing-masing adalah:

Baca juga: Fakta-Fakta Vaksinasi Gotong Royong, Gratis hingga Tidak Gunakan Sinovac 

1. Vaksinasi Gotong Royong gratis

Vaksinasi Gotong Royong ditujukan kepada karyawan atau karyawati atau buruh dan keluarga yang pendanaannya ditanggung perusahaan. Seluruh penerima Vaksin Gotong Royong tidak akan dipungut biaya alias gratis.

Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Freepik)

2. Vaksinasi Gotong Royong menggunakan vaksin berbeda dari sebelumnya

Vaksinasi Gotong Royong tidak akan menggunakan vaksin yang sama dengan program vaksinasi massal yang dicanangkan pemerintah. Vaksinasi Gotong Royong akan berjalan jika sudah tersedia vaksinnya melalui Kementerian BUMN dan Bio Farma.

Baca juga: Vaksinasi Gotong Royong Covid-19, Harus Bayar atau Tetap Gratis? 

3. Penanganan Kejadian Pasca-Imunisasi (KIPI) tetap sama

Adanya Vaksinasi Gotong Royong tidak mengubah mekanisme penanganan KIPI yang sudah dilakukan untuk program vaksinasi pemerintah.

4. Vaksin yang disiapkan harus mendapat izin penggunaan darurat

Selain izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA), Vaksinasi Gotong Royong juga harus mendapat penerbitan nomor izin edar (NIE) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sesuai ketentuan peraturan dan perundang-undangan.

Baca juga: Tantangan yang Bakal Dihadapi dari Vaksinasi Gotong Royong 

5. PT Bio Farma menjadi distributor untuk Vaksinasi Gotong Royong

Bio Farma distribusikan Vaksin Gotong Royong ke fasilitas pelayanan kesehatan milik swasta yang bekerja sama dengan badan hukum atau badan usaha atau dapat bekerjasama dengan pihak ketiga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini