Vaksinasi Covid-19 Drive Thru Sudah Dimulai, Lansia Cobain Yuk!

Diana Rafikasari, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 481 2371585 vaksinasi-covid-19-drive-thru-sudah-dimulai-lansia-cobain-yuk-3bZPyRcD2k.jpg Vaksinasi Covid-19 (Foto: The New York Times)

Guna mendukung percepatan program vaksinasi Covid-19, Halodoc, telah ditunjuk sebagai mitra resmi Kementerian Kesehatan RI untuk menghadirkan Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19, melalui mekanisme drive thru.

Dalam pelaksanaannya Halodoc menggandeng Gojek sebagai mitra transportasi dan komunikasi, Rumah Sakit Hermina sebagai tim medis di lapangan sekaligus vaksinator, dan BLU Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) sebagai penyedia area untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

 Vaksinasi Covid-19

Vaksin drive thru ini mulai dibuka hari ini, Rabu (3/3/2021). Halodoc memfasilitasi kemudahan akses pembuatan janji secara digital, pengelolaan Pos Pelayanan Covid-19, serta penerbitan sertifikat digital vaksinasi Covid-19.

Sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan, tahap awal vaksinasi Covid-19 drive thru akan diperuntukkan khusus bagi masyarakat lanjut usia (lansia) yang memiliki KTP DKI Jakarta dengan target hingga ribuan dosis vaksin setiap harinya.

"Yang datang ini, mereka yang sudah booking lewat aplikasi Halodoc. Tujuannya aplikasi ini untuk meminimalisir keramaian," jelas CEO & Cofounder Halodoc, Jonathan Sudharta saat jumpa pers, Rabu (3/3/2021).

Sebagai mitra komunikasi dan transportasi, Gojek berperan dalam memberikan akses penjadwalan melalui layanan GoMed yang terintegrasi dengan Halodoc dan menyediakan armada GoCar di area vaksinasi untuk mendukung peserta yang datang tanpa kendaraan sehingga protokol kesehatan serta keamanan tetap terjaga.

“Dalam melakukan edukasi hingga vaksinasi, Kemenkes tidak bisa sendirian. Kami optimistis, kepercayaan masyarakat terhadap keandalan layanan Halodoc dan Gojek serta basis pengguna yang besar bisa meningkatkan partisipasi masyarakat, termasuk keluarga dan kerabat dekat pengguna platform yang masuk kelompok lanjut usia," kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

"Inisiatif yang dihadirkan Halodoc dan Gojek memiliki peranan yang sangat strategis terhadap pencapaian target kami dalam menyalurkan 181 juta suntikan vaksin Covid-19 dalam setahun," lanjutnya.

Untuk mengakses layanan vaksinasi Covid-19 melalui drive thru, caranya sangat mudah. Masyarakat tinggal mengunduh aplikasi Halodoc, memilih banner “Drive Thru Vaksinasi COVID-19”, kemudian memilih lokasi dan waktu vaksinasi yang tersedia, mengunggah kartu identitas, dan menunggu konfirmasi dari Halodoc.

Informasi Vaksinasi COVID-19 ini juga bisa diakses melalui layanan GoMed di aplikasi Gojek.

"Sertifikatnya nanti akan lewat aplikasi, Kita juga menyediakan ambulance, jadi drive thru ini sangat aman," tutup Jonathan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini