5 Pemikiran Positif yang Harus Dijaga Selama Pandemi Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 481 2371693 5-pemikiran-positif-yang-harus-dijaga-selama-pandemi-covid-19-Q3Atvyosw2.jpg Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Prostooleh/Freepik)

PANDEMI covid-19 masih melanda secara global, termasuk di Indonesia. Berbagai cara pun harus dilakukan untuk membuat diri terbebas dari serangan wabah penyakit ini.

Salah satunya adalah menerapkan mindset atau pemikiran positif bahwa pandemi covid-19 akan hilang dengan pola hidup sehat.

Baca juga: Virus Corona B117 Disebut Lebih Mengerikan, Berikut Karakternya 

Berikut lima pemikiran positif yang harus dijaga selama pandemi covid-19, sebagaimana dikutip dari laman Times of India.

1. Jangan berhenti menggunakan masker

Sejak pandemi covid-19 melanda dunia, sekarang orang menjadi santai tentang hal itu, dan tidak mengikuti aturan dasar seperti memakai masker atau menjaga jarak. Padahal, memakai masker merupakan kunci utama untuk mencegah persebaran virus.

Meskipun vaksinasi telah dimulai di beberapa negara, akan membutuhkan banyak waktu bagi setiap orang untuk divaksinasi dan sampai saat itu virus akan terus menyebar. Satu-satunya cara untuk mengendalikan virus hingga saat itu adalah dengan mengikuti aturan sederhana mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Ilustrasi covid-19. (Foto: Okezone)

2. Tingkatkan imunitas tubuh

Hal yang menjadi prioritas utama adalah kekebalan tubuh. Kita semua telah bekerja keras untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar dapat melawan virus corona. Sebab akan membutuhkan waktu bagi setiap orang untuk divaksinasi, pilihan terbaik untuk melawan virus adalah menjaga kekebalan tubuh kita tetap kuat. Jadi, tetaplah konsumsi vitamin, diet sehat dan jangan lupa untuk berolahraga.

Baca juga: Virus Corona B117 Bisa Sebabkan Reinfeksi? 

3. Jangan menolak vaksinasi

Hal terbaik yang dapat dilakukan untuk diri sendiri dan orang yang dicintai adalah mendapat vaksin covid-19. Anda mungkin takut dan bingung tentang semua yang telah didengar dan baca, tetapi inilah beberapa poin penting:

- Vaksin adalah metode yang aman dan efektif untuk mengendalikan virus. Tidak semua mitos yang beredar itu benar.

- Vaksin adalah satu-satunya cara untuk mengendalikan persebaran virus. Ketika setidaknya 80 persen orang divaksinasi, itu akan memberikan kekebalan. Dengan divaksinasi, Anda membantu melindungi orang lain.

- Jika Anda memiliki pertanyaan dan kekhawatiran tentang vaksin, bicarakan dengan dokter tentang hal itu. Tapi jangan membuat kesalahan dengan menolak vaksinasi saat kesempatan Anda tiba.

4. Jangan berpikir tidak akan terjangkit covid-19

Sangat mudah untuk berasumsi bahwa Anda masih muda, bugar, dan sehat, sehingga infeksi Covid-19 tidak akan menjadi masalah bagi Anda. Siapa pun, tidak peduli usia, jenis kelamin, status kesehatan bisa sangat terinfeksi oleh virus.

Meskipun jika Anda masih muda, mungkin bisa melawannya dengan lebih baik, tetapi pasti bisa menjadi penyebar dan menjadi risiko bagi orang lain.

Seringkali ketika seseorang tidak memiliki gejala mereka berhenti peduli tentang infeksi. Ini adalah saat orang-orang seperti itu menjadi penyebar luas, sama sekali tidak menyadari apa yang mereka lakukan.

Anda dapat menginfeksi orangtua, kondisi fisik lemah, atau orang dengan masalah kesehatan lain yang dapat berakibat fatal.

Baca juga: Penjelasan Dokter Proses Mutasi Virus Jadi Covid-19 Strain B117 

5. Jangan menyerah

Beberapa dari kita lelah melawan virus dan melaksanakan protokol kesehatan di masa new normal. Tapi itu semua tentang sikap positif yang dapat membantu kita melewati masa-masa sulit ini.

Ini bukan waktunya untuk menyerah, tetapi pada kenyataannya, ikuti semuanya dengan lebih baik dan berikan contoh bagi orang lain. Tetap informasikan diri Anda dan patuhi pedoman yang dikeluarkan oleh pemerintah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini