Cegah Sesak saat Olahraga Lari, Terapkan 5 Teknik Pernapasan Ini

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 481 2371704 cegah-sesak-saat-olahraga-lari-terapkan-5-teknik-pernapasan-ini-7AmsK82Y7U.jpg Ilustrasi sesak napas. (Foto: Stockking/Freepik)

ADA beberapa orang merasakan sesak napas ketika melakukan olahraga lari. Ini karena tidak mendapat banyak asupan oksigen dan teknik pernapasan yang baik.

Ketika menjalankan olahraga lari memang diperlukan beberapa teknik pernapasan agar tidak mengalami sesak saat melakukannya. Dimulai dari menyesuaikan kecepatan lari hingga posisi badan.

Baca juga: Selain Covid-19, Ini Deretan Penyakit yang Sebabkan Sesak Napas 

Langsung saja, berikut teknik pernapasan yang bisa dipraktikkan supaya terhindar dari sesak napas ketika olehraga lari, sebagaimana dijelaskan laman Times of India.

Olahraga lari. (Foto: Free-Photos/Pixabay)

1. Latihan teknik pernapasan

Melatih teknik pernapasan akan meningkatkan kapasitas paru-paru dan mampu membuatnya menampung lebih banyak oksigen. Pernapasan diafragma, pernapasan lubang hidung, dan pernapasan dengan mengerucutkan bibir adalah beberapa latihan pernapasan yang bisa dilakukan.

2. Pemanasan

Jangan sampai melewatkan pemanasan sebelum berolahraga. Lakukanlah peregangan dan joging ringan selama 10 sampai 15 menit agar meningkatkan performa saat berlari dan dimudahkan untuk mengatasi sesak napas.

Baca juga: Dokter Imbau Latihan Pernapasan untuk Atasi Sesak Akibat Long Covid-19 

3. Bernapas secara ritmis

Ketika olahraga lari gunakanlah hidung dan mulut untuk bernapas. Ikuti juga aturan umum bernapas saat berolahraga yang harus diselaraskan dengan gerakan yang diambil. Bernapas secara ritmis membuat tubuh mengambil banyak oksigen dan mengurangi tekanan pada tubuh.

4. Sesuaikan kecepatan

Memaksakan diri untuk berolahraga lebih keras tidak akan menghasilkan kesehatan yang diinginkan. Ini justru membuat tubuh kesakitan dan mengalami kondisi yang buruk. Dengan begitu diperlukan kesesuaian kemampuan dalam mengerahkan kerja otot dan pernapasan. Saat mengalami sesak, berhentilah sejenak untuk menormalkan sistem pernapasan.

Baca juga: Sembuh dari Covid-19, Seseorang Bisa Sering Alami Sesak Napas 

5. Posisi badan

Posisi badan juga perlu diperhatikan karena bisa memengaruhi kerja napas. Jika posisi badan terlalu bungkuk akan mempersulit untuk bernapas secara benar. Pastikan berlari dengan posisi tegak untuk memperlancar aliran udara yang masuk dan keluar dari tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini