Miris, Kemenkes Sebut Kasus Obesitas di Indonesia Mengkhawatirkan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 481 2371739 miris-kemenkes-sebut-kasus-obesitas-di-indonesia-mengkhawatirkan-xgRaZQEGva.jpg Wanita Obesitas (Foto: Inst Bigbabes for real)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut bahwa 1 dari 3 orang dewasa dan 1 dari 5 anak usia 5-12 tahun di Indonesia mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Meski tidak menimbulkan penyakit secara langsung, tapi obesitas menimbulkan dampak kesehatan bagi seseorang.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan RI, dr. Cut Putri Arianie, M.H.Kes mengatakan, saat ini lebih dari 800 juta orang di dunia yang mengalami obesitas, konsekuensi medis dari obesitas pun sangat mahal.

 obesitas

“Obesitas di Indonesia melonjak dengan mengkhawatirkan,” terang dr. Cut Putri, dalam Diskusi Media bersama ‘Jangan Anggap Remeh Obesitas, si Penyakit Kronis Serius’, Rabu (3/3/2021).

Selain itu, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 juga menunjukkan bahwa tren masalah berat badan pada orang dewasa Indonesia. Tren telah mengalami peningkatan hampir dua kali lipat, dari 19,1% pada 2007 hingga 35,4% pada 2018.

“Oleh sebab itu, kita harus benar-benar menekan tren peningkatan obesitas ini,“ sambungnya.

World Health Organization (WHO) mendefinisikan obesitas sebagai akumulasi lemak yang tidak normal atau berlebihan yang dapat mengganggu kesehatan. Bagi masyarakat Asia, seseorang disebut mengalami obesitas jika memiliki indeks massa tubuh (IMT) di atas angka 25.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini