Cabai Rawit Rp120 Ribu per Kilogram, Ini Tips Mengolah Masakan Pedas agar Hemat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 298 2372275 cabai-rawit-rp120-ribu-per-kilogram-ini-tips-mengolah-masakan-pedas-agar-hemat-ThDVVmNImG.jpg Cabai rawit (Foto: Okezone)

Harga cabai rawit merah dilaporkan telah mencapai Rp100 ribu - Rp120 ribu per kilogram. Kabar ini tentu cukup meresahkan para pencinta kuliner Nusantara.

Bagaimana tidak, sebagian besar masyarakat Indonesia memang gemar menyantap makanan pedas yang notabennya diolah menggunakan cabai rawit merah.

 makanan pakai cabai rawit

Isu kenaikkan harga cabai rawit ternyata juga menyita perhatian pakar kuliner, Chef Sisca Soewitomo. Sebagai pencinta makanan pedas, ia khawatir melihat harga cabai rawit yang terus meningkat.

Menurutnya cabai rawit memiliki karakter khas yang tidak tergantikan. Sehingga mau tidak mau harus digunakan dalam setiap masakan. Bahkan bisa diibaratkan sudah mendarah daging di kalangan masyarakat Indonesia.

"Secara original, agak sulit mengakalinya. Cabai itu unik, rasa dan aromanya khas. Jadi tidak bisa diganti dengan sesuatu seperti jahe atau cengkeh," kata Sisca Soewitomo saat dihubungi MNC Portal via sambungan telepon, Kamis (4/3/2021).

Namun sebagai alternatif, ada beberapa tips yang dapat dicoba masyarakat Indonesia untuk mengolah makanan pedas agar tetap lezat meski hanya menggunakan sedikit cabai rawit.

Tips pertama hindari penggunakan bubuk cabai atau powder bila tidak ingin mengubah presentasi akhir. "Bubuk cabai bisa jadi alternaitf, tapi di dalam penampilan akan berbeda. Karena dia berbentuk powder jadi akan memengaruhi warna masakan," kata Sisca.

Sisca mengatakan, lebih baik mengurangi komposisi cabai agar rasa yang dihasilkan tetap otentik.

"Tetap harus gunakan cabai. Misalnya kalau mau bikin masakan yang memerlukan 500 gram cabai, kurangi jadi 300 gram. Sisanya bisa diambil dari sambal kasaran yang banyak dijual di pasaran," tegas Sisca Soewitomo.

"Intinya kita tetap harus mencampur masakan dengan cabai segar. Bila kurang pedas tinggal disiasati saja dengan sambal kasaran. Kalau mau manis tambahkan gula, mau gurih dan asin tambahkan garam. Sesederhana itu," tandasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini