Pentingkah Menggunakan Krim Pelembap Setelah Mencuci Tangan?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 481 2372186 pentingkah-menggunakan-krim-pelembap-setelah-mencuci-tangan-io2MOlDg5o.jpg Ilustrasi krim pelembap tangan. (Foto: Jcomp/Freepik)

SEJAK pandemi covid-19 melanda secara global, mencuci tangan adalah aktivitas yang wajib dilakukan semua orang. Tetapi mencuci tangan secara berlebihan bisa membuat kulit jadi sangat kering atau kurang lembap.

Seperti dikutip dari laman Pinkvilla, Kamis (4/3/2021), mencuci tangan memang dibutuhkan, namun melembapkannya dengan hand cream atau krim pelembap tangan juga penting dilakukan untuk memastikan kulit terhidrasi dengan baik.

Baca juga: Bahayakah Menggunakan Hand Sanitizer Terlalu Sering? 

Melembapkan tangan sama pentingnya dengan mencucinya karena pelembap membantu mengembalikan keseimbangan kelembapan kulit dan menjaganya tetap kenyal serta terhidrasi.

Apa pun kondisi cuaca tempat tinggal, harus menjaga tangan tetap lembap untuk menghindari kulit berjerawat, ruam, gatal, dan kekeringan.

Mencuci tangan. (Foto: Freepik)

Bahan kimia yang digunakan dalam sabun memang membunuh kuman tetapi juga membuat tangan kering jika sering digunakan. Alkohol dan paraben mungkin termasuk bahan yang digunakan dalam cairan pencuci tangan yang dapat mengiritasi kulit.

Melembapkan tangan tidak hanya membuatnya terhidrasi, tetapi juga membuatnya tetap harum dan lembut sampai mencuci tangan berikutnya.

Baca juga: Jangan Sampai Lupa, Ini 9 Langkah Cuci Tangan yang Benar 

Saat mencuci bagian kulit mana pun, pori-pori akan terbuka dan ada kemungkinan kotoran menumpuk lagi. Oleh karena itu, melembapkannya mengunci pori-pori ini dengan semua nutrisi penting yang dibutuhkan kulit.

Penting juga memilih krim pelembap yang tepat untuk kulit, sebaiknya tanpa atau minimal bahan kimia dan sifat pembersih.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini