Mulai Perlahan hingga Pantau Kemajuan, Tips Ampuh Supaya Rajin Olahraga

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 22:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 481 2372252 mulai-perlahan-hingga-pantau-kemajuan-tips-ampuh-supaya-rajin-olahraga-JYQJIW72d5.jpg Ilustrasi olahraga. (Foto: Senivpetro/Freepik)

OLAHRAGA merupakan salah satu cara membuat tubuh tetap sehat di masa pandemi covid-19 ini. Olahraga bisa dilakukan di mana saja, termasuk di dalam rumah.

Cukup luangkan waktu beberapa menit dan latihan yang sederhana, olahraga bisa dilakukan. Tidak perlu gerakan ekstrem, olahraga dapat dengan mengikuti gerakan simpel yang ada dalam video di media sosial.

Baca juga: Cegah Sesak saat Olahraga Lari, Terapkan 5 Teknik Pernapasan Ini 

Namun salah satu hal tersulit untuk olahraga adalah konsistensi. Rajin olahraga menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang.

Tapi tenang saja, ada tips ampuh yang bisa dilakukan supaya rajin olahraga. Berikut ini caranya, sebagaimana dijelaskan laman Times of India.

Olahraga lari. (Foto: Free-Photos/Pixabay)

1. Nilai tingkat kebugaran tubuh

Menilai tingkat kebugaran tubuh penting untuk membantu memilih olahraga yang tepat dan menetapkan tujuan yang hendak dicapai. Jangan memulai dengan intensitas tinggi jika tubuh belum siap melakukannya. Periksa berat badan, kelenturan, kekuatan, dan daya tahan tubuh.

2. Tetapkan tujuan yang realistis

Jika ingin menurunkan berat badan, cari dan pilih olahraga yang mendukung hal tersebut. Tapi jika hanya ingin tetap aktif menjaga kebugaran tubuh, pilih olahraga atau gerakan yang sesuai. Sesuaikan dengan apa yang ingin dicapai dalam berolahraga ini.

Baca juga: Benarkah Keringat Itu Lemak yang Terbakar? 

3. Lakukan olahraga yang tepat sesuai tujuan

Jika ingin tetap bugar, berlari atau berjalan saja sudah cukup. Tetapi apabila ingin membangun otot dan mengencangkan tubuh, maka pilihlah olahraga kekuatan. Demikian dengan meningkatkan kelenturan dan mengurangi tingkat stres, bisa melakukan olahraga ringan.

4. Bantuan pelatih

Jika telah memutuskan untuk meminta bantuan pelatih, carilah kelas kebugaran dan gym di dekat rumah. Apabila memutuskan olahraga di rumah sendiri, cari pelatih yang bisa datang. Jangan lupa siapkan perlengkapan olahraga seperti sepatu, matras, pakaian, dan lain-lain.

Baca juga: Cedera saat Olahraga Jangan Langsung Dipijat, Simak Bahayanya 

5. Mulai secara perlahan

Tubuh membutuhkan waktu mempersiapkan diri untuk menahan stres dan tekanan. Jadi, mulailah perlahan dan berikan waktu untuk tubuh sebelum meningkatkan intensitas dan jumlah pengulangan gerakan olahraga.

6. Pantau kemajuan

Jika melakukan olahraga dengan atau tanpa bantuan pelatih, tetap buatlah catatan sendiri tentang diet harian dan olahraga. Setelah seminggu, pantau kemajuannya. Ini akan membantu melihat sudah sejauh mana gerakan olahraga memengaruhi perubahan tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini