Pandemi, Tingkat Obesitas Orang Dewasa Meningkat Jadi 21,8 Persen

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 481 2372357 pandemi-tingkat-obesitas-orang-dewasa-meningkat-jadi-21-8-persen-tGajovDSJm.jpg Wanita Obesitas (Foto: Inst Big Girl Thailand)

Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Dhian Dipo, MA menjelaskan, saat ini kasus obesitas di Indonesia semakin tinggi. Hal ini dipicu oleh pandemi Covid-19 yang mengubah kebiasaan masyarakat.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat sebagian besar masyarakat melakukan aktivitas di dalam rumah. Kondisi ini juga dibarengi dengan peningkatan waktu berada di depan gadget. Hal inilah yang memicu meningkatnya obesitas di masyarakat.

 obesitas

Ia menjelaskan bahwa data menunjukkan bahwa tingkat obesitas pada orang dewasa meningkat dari 14,8 persen menjadi 21,8 persen. Sementara prevalensi berat badan berlebih juga meningkat dari 11,5 persen di 2013 ke 13,6 persen di 2018

“Masyarakat tetap dapat mengambil nilai positif dari kondisi saat ini dengan menjadikan pandemi sebagai titik awal untuk kembali pada pola kehidupan yang sehat dan konsumsi gizi seimbang untuk meningkatkan imunitas,” ujar dr. Dhian, dalam workshop ‘Cerdas Baca Label Kemasan, Hindari Risiko Obesitas’ Kamis (4/3/2021).

Gizi seimbang dapat diterapkan dalam isi piring untuk sekali makan yang dipenuhi dengan aneka ragam makanan dan bersumber pangan lokal yang memiliki kandungan fungsional bagi tubuh. Selain itu, masyarakat juga harus cermat dalam memilih makanan sehat dengan memperhatikan label makanan ketika membeli produk.

“Ini merupakan langkah awal dalam pemenuhan gizi harian yang bersumber dari pangan olahan. Diperlukan implementasi pencegahan berkesinambungan dan konsisten yang dilakukan bersama melalui pemberdayaan masyarakat dengan dukungan pihak-pihak terkait yang memiliki kepedulian terhadap gizi dan kesehatan dalam upaya penanggulangan masalah gizi,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini