Obesitas Meningkat di Masa Pandemi, Begini Cara Mencegahnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 481 2372382 obesitas-meningkat-di-masa-pandemi-begini-cara-mencegahnya-mgFbcRpHS7.jpg Wanita Obesitas (Foto: Inst Big Girl Thailand)

Kasus obesitas di masyarakat selama pandemi Covid-19 meningkat dengan pesat. Hal ini disebabkan perubahan kebiasaan masyarakat selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Selama PPKM, sebagian besar masyarakat melakukan aktivitas di dalam rumah. Kondisi ini juga dibarengi dengan peningkatan waktu berada di depan gadget. Hal inilah yang memicu meningkatnya obesitas di masyarakat.

obesitas

Koordinator Kelompok Standardisasi Pangan Olahan Keperluan Gizi Khusus, Direktorat Standardisasi Pangan Olahan BPOM, Yusra Egayanti, S.Si, Apt, MP menjelaskan, kelebihan berat badan dan obesitas sebenarnya dapat dicegah sejak dini.

“Caranya dengan pengaturan pola makan dengan prinsip gizi seimbang. Salah satunya dengan membatasi asupan gula garam lemak yang dikonsumsi,” ujar Yusra, dalam workshop ‘Cerdas Baca Label Kemasan, Hindari Risiko Obesitas’ Kamis (4/3/2021).

Lebih lanjut, Yusra menjelaskan salah satu upaya untuk mengetahui asupan gula, garam, dan lemak dari pangan olahan kemasan. Ia mengimbau masyarakat untuk lebih cermat dalam membaca label kemasan pangan olahan yang dikonsumsi.

“Masyarakat harus selalu memperhatikan empat informasi nilai gizi dalam label kemasan yaitu jumlah sajian per kemasan, energi total per sajian, zat gizi (lemak, lemak jenuh, protein, karbohidrat (termasuk gula)) dan persentase AKG (Angka Kecukupan Gizi) per sajian,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini