4 Cara Memilih Sunscreen yang Terbaik untuk Wajah

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 611 2372152 4-cara-memilih-sunscreen-yang-terbaik-untuk-wajah-0LgW8xGRUI.jpg Memakai sunscreen (Foto: Shutterstock)

Suka atau tidak, pemakaian sunscreen adalah salah satu bagian esensial dalam rutinitas perawatan kulit wajah.

Produk multitasking satu ini, berfungsi tak hanya melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV yang jahat untuk kulit. Tetapi juga menghindari kulit terbakar akibat sinar matahari, sampai melindungi kulit dari penuaan dini.

pakai sunscreen 

Terlebih dari itu, seperti dijelaskan Dokter Kulit Dr. David E. Bank, pemakaian sunscreen dapat memberikan perlindungan dari kerusakan kulit, seperti kanker kulit yang disebabkan oleh sinar UVA dan UVB.

“Tabir surya melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Sinar UVA dan UVB dapat menyebabkan kanker kulit dan menyebabkan penuaan dini, keriput, dan bintik matahari, jadi penting untuk memakai sunscreen dalam rutinitas harian Anda, " kata dokter kulit Dr. David E. Bank.

Agar mendapatkan manfaat optimal dari pemakaian sunscreen. Langkah pertama yakni memilih sunscreen yang tepat. Mewarta Today, berikut 4 cara memilih sunscreen yang tepat dan terbaik sesuai dengan saran para dokter kulit.

1. Ada kandungan titanium dioksida

Melihat kandungan sunscreen, disarankan oleh Dr. Howard Sobel sebisa mungkin cari sunscreen yang mengandung bahan-bahan seperti titanium dioksida dan zinc oksida untuk menyerap sinar dan memantulkannya dari kulit, serta oktokrilen (kimiawi pelembab tabir surya) dan oktisalat (tabir surya organik yang menyerap sinar UVB) untuk menjaga umur panjang produk sunscreen tersebut.

2. SPF minimal 30

Untuk pemakaian sehari-hari saat beraktivitas, Dr. David menyarankan untuk memilih sunscreen yang setidaknya punya SPF30. Namun untuk aktivitas spesifik, misalnya aktivitas berat yang berkeringat atau berolahraga renang, maka pilih sunscreen dengan SPF50 dan tahan air (water-resistant) selama 80 menit.

3. Bisa dipakai setiap hari

“Kunci memilih sunscreen yang terbaik adalah memilih produk sunscreen yang Anda bisa pakai setiap hari,” ujar Dr. David Lortscher, Dokter Kulit dan CEO of Curology. Formula dan kandungan tambahan semuanya akan jadi tak penting, jika tidak konsisten dipakai setiap hari.

4. Non-iritasi

Menghindari iritasi pada kulit, seperti yang disarankan oleh Dr. David E. Bank, sebaiknya cari produk tabir surya dengan formula non-comedogenic, sehingga tidak menghambat pori-pori kulit wajah. Selain itu, untuk yang punya tipe kulit sensitif, sebisa mungkin hindari pemakaian produk sunscreen kimiawi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini