Selain Virus B117, Ini Deretan Varian Baru Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 612 2372113 selain-virus-b117-ini-deretan-varian-baru-covid-19-ZWBAeMHgUb.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

INDONESIA mengumumkan secara resmi pada 2 Maret 2021 ditemukan 2 kasus mutasi virus corona asal Inggris bernama B117. Dua kasus itu diketahui adalah orang Karawang yang baru pulang dari Arab Saudi karena urusan pekerjaan.

Dua orang yang terkonfirmasi positif mutasi corona B117 sekarang dikatakan sudah negatif oleh pemeriksaan PCR Test. Karena itu, kedua TKW tersebut sudah kembali ke wilayahnya yaitu Karawang.

Kehadiran mutasi corona B117 asal Inggris di Indonesia harus disikapi serius oleh pemerintah. Sebab, penyebaran virus ini diketahui lebih cepat dari Covid-19 generasi pertama. Publik berharap tidak ditemukan kasus B117 lanjutan di tengah pandemi yang masih krisis ini.

Terlepas dari itu, HuffPost menerangkan bahwa selain mutasi corona B117, beberapa negara sudah menemukan strain baru corona. Apa saja?

Varian Kent

Jumlah kasus akibat kent variant diperkirakan sudah 105.428. Mutasi corona ini pertama kali terdeteksi pada September 2020 dan penyebarannya menyebabkan Inggris melanjutkan lockdown. Varian ini dianggap mendominasi di Inggris.

"Analisis mengenai varian ini menunjukkan bahwa lebih dari 70 persen kemampuan virus menyeberang manusia dibandingkan SARS-CoV2," tulis laporan tersebut.

Varian Afrika Selatan

Jumlah kasus akibat varian Afrika Selatan di Inggris sendiri ada 288 kasus. Di awal Februari, mutasi corona jenis ini mengejutkan Inggris karena ditemukan ada 11 kasus yang berasal bukan dari luar negeri.

Varian Bristol

Ini adalah turunan dari varian Kent. Pertama kali terdeteksi bulan lalu. Varian ini membawa mutasi E484K, yang menurut para ahli dianggap mampu menghalau kekebalan tubuh manusia. Total kasus varian ini ialah 32 kasus.

Varian Brasil

Varian Brasil asal Manaus menjadi kekhawatiran serius karena menunjukkan 25 hingga 61 persen orang yang sebelumnya pernah menderita Covid-19 rentan terhadap infeksi ulang dari varian ini. Varian ini juga diketahui dua kali lipat lebih menular dari SARS-CoV2.

Namun, para ahli di Inggris meragukan pernyataan bahwa varian Brasil dua kali lebih menular. Mereka masih meyakini bahwa varian Kent jauh lebih berbahaya.

Varian lainnya

Varian jenis ini terdaftar sudah ada 100 kasus. Ada 42 kasus varian Brasil lainnya yang sudah teridentifikasi. Lalu, varian lainnya adalah varian yang mirip dengan Bristol yang terlihat di Liverpool bulan lalu dengan 58 kasus terkonfirmasi.

Selain itu, peneliti juga bulan lalu baru menemukan varian baru yang disebut dengan istilah B.1.525 yang mirip dengan varian Afrika Selatan.

"Tidak ada cukup bukti yang mengatakan bahwa varian baru yang belum teridentifikasi ini menyebabkan penyakit parah. Secara total ada 62 kasus di Inggris yang terkonfirmasi dari varian yang masih diselidiki," lapor Public Health England (PHE).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini