Jaga Kesehatan Tubuh, Jangan Lupa Minum Susu dan Makan Buah Ya

Diana Rafikasari, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 23:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 612 2372505 jaga-kesehatan-tubuh-jangan-lupa-minum-susu-dan-makan-buah-ya-CKZaNFegPK.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MASA kanak-kanak memang menjadi salah satu saat krusial bagi tumbuh kembang seseorang. Ketika mereka kekurangan gizi saat kanak-kanak, bukan tidak mungkin saat dewasa akan mengalami gangguan kesehatan.

Tapi, bukan berarti kita orang dewasa juga boleh short nutrisi alias kekurangan gizi. Apalagi, saat ini di mana menjaga kesehatan sangat penting, harus memastikan mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang bernutrisi agar tetap sehat dan bugar.

Salah satu kelompok makanan yang mengandung gizi baik untuk kesehatan adalah produk susu dan dairy (produk olahan susu). Susu sapi segar mengandung kalsium, protein, dan berbagai vitamin yang baik untuk tubuh kita. Susu juga diketahui memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan, seperti lemak tak jenuh, vitamin K-1 dan K-2, serta probiotik.

susu

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prospective Urban Rural Epidemiology menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih dari dua porsi produk susu dalam sehari memiliki tingkat penyakit kardiovaskular yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang lebih sedikit menkonsumsi produk susu.

Yogurt, yang merupakan salah satu produk olahan susu, juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Yogurt merupakan produk olahan susu yang telah difermentasi sehingga laktosa yang terkandung dalam susu telah berubah menjadi asam laktat.

Yogurt memiliki kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk tubuh seperti bakteri baik (probiotik) dan serat pangan yang dapat membantu fungsi sistem pencernaan dan memperkuat daya tahan tubuh.

Selain itu, terdapat kalsium yang membantu memperkuat tulang dan gigi. Vitamin B6 dan B12, riboflavin, kalium, magnesium. Yogurt yang sebenarnya, memiliki rasa yang asam sebagai akibat proses fermentasi laktosa menjadi asam laktat.

Perhatikan kembali rasa yogurt yang Anda konsumsi karena jika terlalu manis, kemungkinan yogurt sudah ditambahkan dengan kandungan gula yang cukup tinggi.

Selain produk olahan susu, buah-buahan juga mengandung gizi yang baik untuk kesehatan. Stroberi adalah satu contoh buah yang memberikan beberapa manfaat kesehatan yang besar. Stroberi kaya akan serat, kalium, dan vitamin C, yang bagus untuk mengurangi stres oksidatif dan bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Sedangkan mangga adalah jenis buah yang tinggi serat, dan merupakan sumber vitamin A dan C yang bisa memberi dampak positif untuk rambut dan kulit.

Mangga juga mengandung asam folat, B6, zat besi dan sedikit kalsium, zinc serta vitamin E. Mangga juga sumber senyawa fitokimia tertentu seperti galotanin dan mangiferin yang menurut penelitian sangat bermanfaat bagi kesehatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini