Berebut dengan Negara Lain, Presiden Jokowi Targetkan 1 Juta Orang Divaksin per Hari

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 21:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 612 2372563 berebut-dengan-negara-lain-presiden-jokowi-targetkan-1-juta-orang-divaksin-per-hari-i0ydp7YO3X.jpg Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

SUDAH setahun sejak virus Covid-19 pertama kali masuk ke Indonesia. Selama periode tersebut, ratusan ribu orang tercatat telah terinfeksi virus Corona Covid-19.

Pemerintah pun telah melakukan berbagai upaya dari lockdown wilayah hingga pemberian vaksin bagi rakyatnya, yang diawali dengan para tenaga medis dan lansia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mengungkapkan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia yang telah dimulai sejak 13 Januari 2021. Dalam kesempatan tersebut Jokowi menjelaskan tentang jumlah ketersedian vaksin serta target vaksinasi Covid-19 yang akan dicapai. 

Menurut Jokowi, saat ini semua negara berebut vaksin, tapi dengan melakukan pendekatan baik secara pemerintah ke pemerintah, ataupun langsung ke produsen vaksin, Indonesia bisa memiliki 38 juta dosis vaksin Covid-19. Sebanyak 3 juta dosis vaksin dalam bentuk sudah jadi, sementara 35 juta lainnya dalam bentuk bahan baku vaksin. 

“InsyaAllah di Maret ini akan datang vaksin dari AstraZeneca sebanyak 4,6 juta dosis vaksin jadi. artinya kita bisa mempercepat proses vaksinasi. Vaksinasi telah dilakukan dengan prioritas masyarakat dengan risiko tinggi, yakni tenaga kesehatan, lanjut usia, dan petugas dan pelayanan publik,” terang Presiden Jokowi melalui channel YouTube Sekertariat Presiden pada Kamis (4/3/2021). 

Tak hanya itu, pemerintah juga telah melakukan vaksinasi kepada para guru, wartawan, pedagang pasar, TNI dan Polri, Kementerian dan atlet-atlet. Jokowi menambahkan bahwa saat ini sudah lebih dari 2 juta masyarakat Indonesia yang telah divaksin Covid-19.

Sementara upaya vaksinasi juga masih terus diupayakan dengan pendistibusian vaksin ke 34 provinsi dan 514 kabupaten kota. 

“Target vaksinasi pada periode Januari sampai Juni adalah 40 juta orang. Kita targetkan 1 juta orang divaksinasi setiap hari, agar pelaksanaan vaksinasi dapat selesai tepat waktu,” tuntasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini