Alpukat hingga Pisang, Buah yang Ampuh Bikin Perut Rata

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 481 2372804 alpukat-hingga-pisang-buah-yang-ampuh-bikin-perut-rata-xi0mVEUcAN.jpg Ilustrasi perut rata. (Foto: Wayhomestudio/Freepik)

PERUT rata adalah idaman semua orang. Sebab, ini bisa menunjukkan tingkat kesehatan dan menghasilkan tampilan tubuh yang baik. Untuk mendapat perut rata ternyata bisa dari rajin mengonsumsi buah-buahan.

Buah memang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ini sangat bermanfaat untuk kesehatan secara umum. Salah satu kandungan nutrisi dalam buah adalah serat. Fungsi serat bisa menahan rasa kenyang lebih lama dan mengontrol keinginan untuk makan berlebih.

Baca juga: Cegah Kanker, Konsumsi Saja 4 Jenis Buah Ini 

Kemudian serat juga membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Lalu bisa membuat perut rata karena kandungan buah-buahan bermanfaat untuk sistem metabolisme tubuh.

Nah, buah-buahan apa saja yang cocok untuk membantu membuat perut rata? Berikut ini beberapa di antaranya, sebagaimana dijelaskan dalam laman Eatthis, Jumat (5/3/2021).

Alpukat. (Foto: Stevepb/Pixabay)

1. Alpukat

Alpukat yang dikenal sebagai buah dengan lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini membuat kenyang lebih lama dan mencegah mengonsumsi camilan tidak sehat yang membuat perut buncit. Selain itu, lemak tak jenuh juga dapat menghentikan pembentukan lemak di perut.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan alpukat dari waktu ke waktu memiliki berat badan normal dan cenderung tidak memiliki berat badan berlebih.

Baca juga: Nanas Beri Banyak Manfaat Kesehatan, Termasuk Kurangi Risiko Kanker 

2. Pisang

Selanjutnya ada buah pisang yang kaya akan menfaatnya bagi tubuh. Pisang merupakan buah yang membuat perut rata karena dapat mengatasi kembung. Pasalnya seperti diketahui, perut kembung membuat perut tampak buncit dan tentunya tidak rata.

Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa perempuan yang makan pisang dua kali sehari sebelum makan selama dua bulan dapat mengurangi rasa kembung hingga 50 persen. Ini ternyata karena kandungan potasium di buah pisang.

3. Ceri

Buah ceri kerap ditemukan sebagai hiasan kue blackforest atau kue ulang tahun. Tapi, buah merah dan mungil ini memiliki kandungan yang membantu perut lebih rata. Sebab, buah ini dapat membantu mengurangi lemak perut.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan 

4. Bluberi

Seperti diketahui bahwa buah bluberi kaya akan antioksidan. Seperti dalam Journal of Medicinal Food ditemukan bahwa bluberi bisa mengurangi lemak perut dan berat badan.

Disarankan, konsumsi bluberi dengan yoghurt Yunani untuk lebih membantu membuat perut rata. pasalnya, yoghurt rendah gula dan mengandung protein tinggi sehingga dapat meningkatkan metabolisme serta meminimalkan rasa lapar.

Buah beri. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini