25% Prediabetes Berisiko Jadi Diabetes Tipe 2 dalam 3-5 Tahun

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 481 2372894 25-penderita-prediabetes-berisiko-alami-diabetes-tipe-2-dalam-3-5-tahun-TJ0Vw3qWX0.jpg Ilustrasi cek diabetes. (Foto: Jcomp/Freepik)

KETUA Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok Profesor Dr dr Mardi Santoso DTM&H SpPD-KEMD FINASIM FACE mengatakan orang yang mengalami obesitas dan memiliki berat badan berlebih memiliki risiko prediabetes serta diabetes yang sangat tinggi.

"Dalam jangka waktu 3 sampai 5 tahun, 25 persen prediabetes dapat berkembang menjadi diabetes melitus tipe 2 (DMT2), 50 persen tetap dalam kondisi prediabetes, dan 25 persen kembali pada kondisi glukosa darah normal," papar Profesor Mardi di acara workshop 'Cerdas Baca Label Kemasan, Hindari Risiko Obesitas' pada Kamis 4 Maret 2021.

Baca juga: Waspada Kadar Gula Tinggi Bisa Sebabkan Sakit Perut 

Tentunya hal ini bisa dihindari dengan kesadaran sejak dini. Selain itu, upaya mencegah kelebihan berat badan dan obesitas juga bisa dilakukan dengan megonsumsi makanan bergizi seimbang dan membatasi asupan gula, garam, dan lemak (GGL).

Ilustrasi diabetes. (Foto: Boldsky)

"Batasi asupan gula, garam, dan lemak (GGL); istirahat cukup; dan rutin aktivitas fisik 150 menit dalam seminggu dapat membantu mengurangi risiko prediabetes agar tidak berkembang menjadi DMT2," tuturnya.

Baca juga: Obesitas Berisiko Tinggi Sakit Kencing Manis, Kenali Tanda Prediabetes 

Sebagaimana diketahui, obesitas menjadi salah satu penyakit yang banyak dialami masyarakat Indonesia. Termasuk ketika masa pembatasan sosial yang membuat semua aktivitas dilakukan dari rumah. Kondisi ini membuat kenaikan berat badan seseorang menjadi meningkat dan tidak terkontrol.

Kurangnya aktivitas dan munculnya kebiasaan memesan makanan secara daring membuat seseorang mengalami kelebihan berat badan serta obesitas.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini