Tidak Semua Anak Wajib Pakai Masker, Ini Kriterianya Menurut WHO

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 481 2372936 tidak-semua-anak-wajib-pakai-masker-ini-kriterianya-menurut-who-R8SZlvRSRx.jpg Ilustrasi penggunaan masker pada anak-anak. (Foto: Rene Bittner/Pixabay)

PANDEMI covid-19 membuat anak-anak hingga orang dewasa harus beradaptasi dengan kebiasaan baru, salah satunya selalu memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan. Ini bertujuan mencegah penularan covid-19 yang mungkin ada di lingkungan sekitar.

Masker wajib digunakan semua orang, namun pada anak-anak dalam kondisi tertentu terdapat pengecualian untuk tidak menggunakan masker karena alasan kesehatan.

Baca juga: Amankah Penggunaan Tali Masker? Ini Penjelasan Dokter 

Merangkum dari unggahan akun Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Jumat (5/3/2021), berikut kriteria anak yang tidak wajib memakai masker menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Masker covid-19. (Foto: User3802032/Freepik)

1. Anak usia kurang atau sama dengan 5 tahun

Anak usia kurang atau sama dengan 5 tahun sebaiknya tidak dipakaikan masker karena faktor keselamatan. Meski demikian, protokol kesehatan tetap harus dijalankan agar terhindar dari covid-9.

2. Anak usia 6–11 tahun

Pada anak usia ini, keputusan penggunaan masker sebaiknya berdasarkan pendekatan berbasis risiko dengan pertimbangan yang meliputi:

- Intensitas transmisi SARS-CoV-2.

- Kemampuan anak untuk mematuhi cara memakai masker yang tepat dan adanya pengawasan yang cukup dari orang dewasa.

- Lingkungan sosial dan budaya sekitar.

- Lingkungan spesifik seperti rumah dengan anggota keluarga berusia lanjut atau sekolah.

Baca juga: Tips Simpan Masker dengan Aman jika Hendak Digunakan Lagi 

3. Anak usia 12 tahun atau lebih

Anak usia 12 tahun atau lebih mengikuti prinsip penggunaan masker pada orang dewasa. Anak dengan imunokompromi atau pasien anak dengan fibrosis kistik atau penyakit lain tertentu (seperti kanker), gangguan, disabilitas, atau kondisi kesehatan tertentu lain dapat terganggu saat mengenakan masker, oleh karena itu harus diberi pertimbangan-pertimbangan khusus.

Baca juga: Pemerintah Diminta Bantu Sosialisasikan Bahaya Tali Masker 

Masker. (Foto: User3802032/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini