Kenali Tanda-Tanda Seseorang Mengalami Masalah Kesehatan Jiwa saat Pandemi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 481 2372997 kenali-tanda-tanda-seseorang-mengalami-masalah-kesehatan-jiwa-saat-pandemi-Q7m5fDOTSa.jpg Mengalami masalah kesehatan jiwa (Foto: CBN)

Pandemi Covid-19 yang belum kunjung berakhir setelah satu tahun lamanya, membawa banyak ketidakpastian yang berdampak pada kesehatan jiwa keluarga. Kondisi ekonomi yang semakin sulit akibat pandemi juga turut menyumbang permasalahan.

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Jumat (5/3/2021), tekanan yang diterima selama masa pandemi Covid-19 memicu respons diri yang mengganggu kondisi mental seseorang.

 sedih

Oleh sebab itu mengetahui kondisi mental sejak dini, menjadi cara efektif agar terhindari dari masalah kesehatan jiwa di kemudian hari. Ada beberapa tanda-tanda yang menandakan seseorang mengalami masalah kesehatan jiwa, di antaranya:

1. Mengalami rasa cemas dan stres

2. Merasa ketakutan dan ada penyakit

3. Punya stigma atau pandangan negatif karena pengaruh lingkungan.

4. Perubahan pola komunikasi.

5. Kebingungan akibat banyaknya informasi.

6. Bosan karena ruang gerak terbatas.

Jika melihat salah satu keluarga telah menunjukkan beberapa tanda-tanda tersebut, terdapat lima cara untuk mengatasinya. Di antaranya:

1. Kenali gejala yang dialaminya.

2. Beri dukungan untuk melakukan upaya mandiri, misal dengan memberikan informasi yang tepat, mendengarkan keluhannya, atau memberikan waktu untuknya.

3. Berikan dukungan dari semua anggota keluarga.

4. Sadari ketika kondisinya tidak membaik.

5. Dorong agar tidak sungkan mencari bantuan profesional untuk mengatasi masalah.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini