Kiat Anak agar Tak Malas Belajar Online

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 612 2372955 kiat-anak-agar-tak-malas-belajar-online-4KZZAh1UJc.jpg Ilustrasi. (Foto: Mykidstime)

BELAJAR online yang hampir setahun berjalan masih punya banyak tantangan. Baik itu dari kalangan pengajar atau pelajar.

Menurut survei kejenuhan anak yang dilakukan oleh UNICEF, sebanyak 66% dari 60 juta siswa dari berbagai jenjang pendidikan di 34 provinsi mengaku tidak nyaman belajar dari rumah selama masa pandemi Covid-19.

Direktur Sekolah Dasar Sri Wahyuningsih mengungkapkan, pandemi ini sudah memberikan pelajaran pada banyak orang untuk bisa beradatasi dengan keadaan. Karena itu, pemanfaatan teknologi harus seimbang, melalui digitalisasi.

belajar

Baca Juga: Tidak Semua Anak Wajib Pakai Masker, Ini Kriterianya Menurut WHO

"Transformasi layanan pendidikan dibutuhkan. Efektivitas dan efisiensi sudah diakui, serta ketepatan waktu dan sumber informasi yang diperlukan lebih mudah kita dapatkan,” jelas Sri.

Ia juga menjelaskan bahwa Kemendikbud telah melahirkan banyak kebijakan-kebijakan untuk tetap menjaga para siswa agar tidak kehilangan momen dan kehilangan masa belajar.

“Yang kita perlukan di masa pandemi ini adalah meningkatkan kerjasama antara orang tua, guru dan peserta didik merupakan segitiga emas yang harus kita jaga, optimalkan dan literasi satu sama lain”, kata Sri.

Namun demikian, untuk mengatasi rasa jenuh belaja online butuh kiat-kiat yang membangun cara mengajar  menyenangkan, menjadi guru yang baik, guru sebagai motivator dan guru yang luar biasa.

Perwakilan Ruangguru Stephanie Hardjo menjelaskan, hasil riset pembelajaran online dibutuhkan adanya interaksi setiap tiga menit sekali antara peserta didik dan guru.

“Pembelajaran yang baik tentunya adalah pembelajaran yang bisa menjembatani antara siswa dan guru misalnya, bagaimana cara desain pembelajaran, membangun kompetensi pengajar dan tahu kapan sesi “Happy Hour” siswa,” jelasnya.

Sebagai mahasiswa, Leonardo Edwin yang juga seorang konten kreator merasa bahwa kegiatan belajar online ini malah menjadi sesuatu yang baru bagi para mahasiswa. Dengan adanya belajar online, dirinya merasa ditantang menjadi lebih adaptif dan juga dengan metode pembelajaran yang variatif.

"Namun saya yakin untuk anak muda sekarang pasti sudah melek teknologi, jadi lebih mudah pastinya,” pungkas Leonardo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini