Pertama di Dunia, 9 Kera Dapat Vaksin Covid-19

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 19:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 612 2373129 pertama-di-dunia-9-kera-dapat-vaksin-covid-19-dvyOK2wW45.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

VAKSIN Covid-19 nyatanya bukan hanya disuntikkan kepada manusia, tetapi juga diterima oleh hewan primata non-manusia seperti jenis kera besar.

Ya, sembilan ekor kera besar di kebun binatang San Diego Zoo yang terdiri dari empat orangutan dan lima ekor bonobos ini mencetak sejarah sebagai primata non-manusia pertama di dunia yang disuntik vaksin Covid-19, dikutip Reuters, Jumat (5/3/2021).

Salah satu orang utan yang menerima vaksin adalah Karen, orangutan Sumatera berjenis kelamin betina berusia 28 tahun yang pada 1994 menjalani operasi jantung terbuka.

orangutan Sumatera

Kesembilan hewan primata tersebut diketahui menerima dua dosis vaksin, vaksin eksperimen yang aslinya dirancang untuk hewan anjing dan kucing. Dari keterangan juru bicara San Diego Zoo, Darla Davis, sejauh ini pasca-divaksin sembilan ekor kera yang divaksin tidak menunjukkan reaksi mengkhawatirkan dan dalam kondisi sehat.

Empat ekor orangutan dan lima ekor bonobo yang dipilih untuk divaksinasi tersebut, termasuk di antara kera besar di kebun binatang yang dianggap paling berisiko tertular virus dan paling mudah diinokulasi.

Darla Davis mengungkapkan, staf di kebun binatang sudah mulai memvaksinasi beberapa hewan pada Januari dan berlanjut hingga Februari dan sedikit sisa terakhirnya di bulan ini.

Meskipun vaksin Covid-19 yang dikembangkan perusahaan farmasi hewan Zoetis, yang disuntikkan ini adalah vaksin yang tidak diuji pada kera. Tetapi penggunaan vaksin lintas spesies bukanlah hal yang baru.

Nadine Lamberski, kepala konservasi dan satwa liar San Diego Wildlife Alliance, menyebutkan jika hewan kera di kebun binatang mendapatkan vaksin flu dan campak seperti vaksin pada manusia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini