Cara Sederhana Ajari Anak Perbedaan Keinginan dan Kebutuhan

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 06 Maret 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 612 2373195 cara-sederhana-ajari-anak-perbedaan-keinginan-dan-kebutuhan-KRF2WFwCQA.jpg Ilustrasi orangtua dan anak-anak. (Foto: Prostooleh/Freepik)

ANAK membutuhkan sosok orangtua yang selalu bisa membimbingnya. Sebab, anak-anak adalah sosok yang lugu dan masih butuh arahan untuk menentukan hal-hal baik. Terkadang mereka sulit membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Ego anak-anak memang timbul secara alami, namun hal itu bisa diatasi orangtua. Setiap orangtua wajib membimbing dan mendidik anak agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca juga: Tidak Semua Anak Wajib Pakai Masker, Ini Kriterianya Menurut WHO 

Seperti dikutip dari laman Times of India, Sabtu (6/3/2021), berikut ini cara sederhana mengajari anak supaya paham perbedaan antara hal-hal yang dibutuhkan dan diinginkan.

Anak-anak. (Foto: Prostooleh/Freepik)

1. Ajari pentingnya kebutuhan mendesak

Sebagai orangtua, pertama-tama harus menjadi panutan bagi anak. Alih-alih menghabiskan untuk hal-hal yang kurang penting, ajari anak tentang pentingnya kebutuhan mendesak dibandingkan sesuatu yang diinginkan.

Tunjukkan kepada mereka bagaimana dapat mengesampingkan keinginan pribadi untuk memenuhi kebutuhan orang lain dan keluarga.

Baca juga: 6 Cara Efektif Penuhi Kebutuhan Gizi Anak Usia 2-5 Tahun 

2. Ajari arti kerja keras

Pertama dan terpenting, anak harus memahami nilai uang yang diperoleh dengan susah payah. Jangan berikan anak semua yang mereka minta.

Buat anak-anak mendapatkannya melalui sistem penghargaan yang berbeda. Kapan pun bisa, beri anak-anak kesempatan mendapatkan uang dan kemudian beri mereka pilihan untuk menginvestasikannya.

Bantu anak-anak memahami apa arti hidup dengan anggaran terbatas. Meski hal itu dirasa masih terlalu dini, ternyata cukup ampuh membuat mereka sadar tentang bagaimana orangtua mengelola keluarga dengan anggaran terbatas.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini