Tekanan Darah Tinggi saat Mau Divaksin? Tenang, Lansia Diizinkan Istirahat 30 Menit

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 06 Maret 2021 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 06 481 2373502 tekanan-darah-tinggi-saat-mau-divaksin-tenang-lansia-diizinkan-istirahat-30-menit-1CcpqEAn0S.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PROGRAM vaksinasi untuk lansia memang tengah digencarkan, untuk melindungi kelompok yang dianggap rentan ini. Ditargetkan, setiap harinya ada 1.000 orang lansia divaksinasi Covid-19.

Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan, Trisa Wahjuni Putri, menjelaskan vaksinasi untuk lansia ini akan terus dilakukan selama periode empat bulan ke depan. Saat ini, vaksinasi Covid-19 untuk lansia memang telah mencapai hari ke-5.

Ia menyebutkan, sejauh ini tidak banyak lansia yang batal divaksinasi. Dengan hitungan jumlah di bawah 5% dari total lansia yang divaksinasi. Namun ada juga yang ditunda karena alasan tekanan darahnya tinggi.

Namun sebagai tindak antisipasi, pihak Kemenkes sudah menyiapkan mini ICU bagi lansia yang ternyata tekanan darahnya berada di angka yang tinggi, kemudian harus istirahat terlebih dahulu 30 menit. Baru setelah itu akan diperiksa ulang.

“Kita belum tahu tanda tekanan darah tinggi pada penerima vaksinasi kenapa," kata Trisa, seperti yang tertera di laman resmi Kemenkes.

"Makanya kalau ada yang tensinya tinggi kita tunda sebentar, istirahat 30 menit kemudian setelah itu ditensi lagi. Kalau memang sudah baik dilanjutkan prosedurnya ke vaksinasi,” tambah Trisa.

Tapi, apabila mengidap atau sedang diobati dokter dengan penyakit jantung, paru kronik, asma, ginjal atau cuci darah dan kanker, maka perlu mendapatkan rekomendasi layak vaksinasi dari dokter yang merawat.

Sementara bagi pengidap hipertensi dan diabetes militus, maka vaksinasi layak diberikan bila penyakit Anda terkontrol yaitu dalam keadaan minum obat teratur atau berobat sesuai anjuran dokter.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini