Kemenkes: Corona B117 Lebih Cepat Menular, Tapi Tak Lebih Parah

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 06 Maret 2021 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 06 612 2373375 kemenkes-corona-b117-lebih-cepat-menular-tapi-tak-lebih-parah-LCPIqTOR5e.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

AWAL pekan ini Kementerian Kesehatan RI telah menemukan dua kasus positif Covid-19 dengan mutasi virus corona dari Inggris atau B117. Virus ini, didapat setelah dilakukan pemeriksaan pada mereka yang baru saja tiba dari luar negeri.

Diketahui, dua kasus ini merupakan hasil temuan dari 462 sampel yang diperiksa. Mutasi virus corona B.1.1.7 sebelumnya pertama kali diumumkan di Inggris pada Desember 2020.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, mengatakan memang secara umum virus corona adalah tipe virus yang gampang bermutasi. Tapi hingga saat ini, Kemenkes sendiri belum dapat bukti ilmiah yang bisa menunjukkan jika virus B117 ini punya tingkat keganasan yang lebih parah dibandingkan jenis virus Sars-CoV-2 penyebab Covid-19.

“Virus corona adalah tipe virus RNA (ribonucleic acid) yang secara alami mudah mengalami mutasi dan mutasi memang merupakan kemampuan virus untuk bertahan hidup," kata dr. Nadia, dikutip dari laman resmi Kemenkes, Sabtu (6/3/2021).

"Namun, dari beberapa penelitian di negara lain menunjukkan varian virus baru ini lebih cepat menular,” tambah dia.

Sekadar informasi, ada dua warga Karawang yang menjadi TKI dari Arab Saudi pulang ke Indonesia dengan membawa varian baru virus corona Inggris atau dikenal dengan B117.

Inisial mereka adalah M dan A, berjenis kelamin perempuan. M merupakan warga Kecamatan Lemah Abang dan A asal Kecamatan Pedes. Plt. Kepala Dinas Kesehatan Karawang dr. Nanik Djojana mengatakan dari dua orang itu, ternyata hanya satu yang masih berada di Karawang.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini