Harus Disimpan di Suhu Dingin, Kenali Ciri Vaksin Covid-19 Sudah Rusak

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 06 Maret 2021 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 06 612 2373508 harus-disimpan-di-suhu-dingin-kenali-ciri-vaksin-covid-19-sudah-rusak-mMv6E1yebg.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

JUMLAH vaksin Covid-19 saat ini memang masih terbatas, ditambah lagi dengan demand yang besar dari berbagai negara. Wajar saja jika pada akhirnya baru orang-orang tertentu yang bisa menerima vaksin, seperti lansia dan tenaga kesehatan.

Selain itu, banyak persiapan yang dilakukan untuk menyimpan vaksin Covid-19 tersebut. Bahkan, Jepang membeli 10.500 pendingin atau deep freezer untuk menyimpan vaksin virus Covid-19.

Kementerian Kesehatan Jepang mengatakan pemerintah memiliki perjanjian untuk membeli total 290 juta dosis vaksin dari Pfizer, AstraZeneca dan Moderna. Semua vaksin ini cukup untuk 145 juta orang jika setiap orang mendapat dua suntikan sesuai kebutuhan.

Dikutip Channel News Asia, kementerian menyatakan vaksin Pfizer perlu disimpan pada suhu sekitar minus 75 derajat Celcius, dan suhu Moderna sekitar minus 20 derajat Celcius. Karena itu, keduanya harus diurus dengan cepat agar tidak menimbulkan masalah logistik.

Memang, ada beberapa vaksin yang harus disimpan dalam keadaan dingin bahkan beku. Tapi, tidak semua vaksin kualitasnya akan tetap baik ketika di simpan pada suhu yang sangat dingin.

Mengutip Imunicare, ada dua jenis pengelompokkan vaksin. Pertama, yang biasa disebut freeze sensitive. Vaksin-vaksin yang termasuk dalam kategori ini biasanya kualitasnya akan menurun bila terpapar suhu yang sangat dingin.

Bahkan, beberapa dari mereka juga bisa rusak jika disimpan terpapar dalam keadaan beku. Akan tetapi, vaksin kategori ini bukan berarti aman-aman saja bila terpapar suhu panas.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini